Rabu, 30 September 20

YIA Diharapkan Dapat Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta

YIA Diharapkan Dapat Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta
* Yogyakarta Internasional Airport (YIA). (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) mampu berkontribusi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta, Borobudur, dan sekitarnya.

Berdiri di atas lahan seluas 219.000 meter persegi, YIA diharapkan dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara Bandara Internasional Adi Sucipto yang selama ini digunakan, hanya memiliki luas 17.136 meter persegi dan menampung 1,7 juta penumpang pertahun.

“Jadi hitung-hitungan yang ada di sini sekarang penumpang 8,4 juta per tahun. Kapasitas (YIA) ini 20 juta,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis Kemenparekraf yang diterima obsessionnews.com, Minggu (2/2/2020).

Dia menilai, ada sebuah kelonggaran yang sangat besar, kurang lebih 11 juta kelonggaran kapasitas. “Sehingga itu yang harus diarahkan, agar penerbangan-penerbangan baru, slot-slot diberikan kepada penerbangan yang membawa turis sebanyak-banyaknya ke Yogyakarta dan sekitarnya,” ungkapnya.

Selain kemampuan menampung jumlah penumpang dengan kapasitas besar, YIA juga dinilai berpotensi menambah jumlah direct flight dan seat capacity ke Yogyakarta.

“Saya melihat akan terjadi peningkatan arus turis ke sini karena slot penerbangan semakin banyak dan bandaranya sangat besar,” jelas Orang nomor satu di Indonesia ini.

Sehingga, lanjut Jokowi, ada pilihan-pilihan bagi penerbangan jarak jauh untuk turun langsung di Yogyakarta. “Karena dulu (bandara) sudah penuh tidak bisa tambah slot untuk penerbangan baru,” jelas Presiden,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jokowi meninjau langsung Pembangunan YIA di Kulon Progo, Yogyakarta pada Jumat (31/1).

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.