Selasa, 20 Oktober 20

Yanomami Suku Kanibal yang Suka Makan Mayat

Yanomami Suku Kanibal yang Suka Makan Mayat
* ilustrasi. (ist)

Obsessionnews.com – Tahukah Anda di belahan dunia ini masih terdapat suku yang hidup di daerah pedalaman yng masih mempertahankan tradisi yang unik. Salah satunya adalah Suku Yanomami di pedalaman sungai Amozon. Suku ini lain daripada yang lain, karena punya kebiasaan makan mayat.

Kebiasaan seperti ini mirip dengan ‎kisah Sumanto, pria kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah, yang dulu sempat membuat geger dunia hukum tanah air karena berani memakan mayat yang sudah dikubur. Tidak heran banyak orang menyebut dirinya sebagai manusia kanibal.

Dalam beberapa sumber yang dihimpun, Suku Yanomami ini punya kebiasaan memakan daging manusia sejak zaman dulu mewarisi kebiasaan ‎para leluhurnya. Konon daging manusia yang dimakan itu disajikan dalam bentuk hidangan sup.

‎Mereka percaya dengan memakan mayat maka mereka bisa menyerap karakteristik dan sifat-sifat almarhum. Mereka yakin bahwa dengan makan daging manusia, ada regenerasi kehidupan setelah kematian, serta penggabungan roh orang mati ke dalam kehidupan keturunan, atau untuk memastikan pemisahan jiwa dari tubuh.‎

Ketika ada anggota suku Yanomami meninggal, reaksi pertama dari sukunya adalah kemarahan yang tak terbatas. Suku Yanomami beranggapan kematian itu bukan fenomena alam, tapi disebabkan oleh roh jahat yang dikirim oleh seorang dukun dari suku lain yang bermusuhan. (Albar)

Point Berita

* Indonesia juga juga memiliki banyak suku yang unik, seperti Suku Polahi di Gorontalo yang mewajibkan kawin sedarah.

* Suku Naulu di Maluku punya kebiasaan mengasingkan wanita yang sedang hamil.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.