Minggu, 3 Juli 22

Yang Baik Dilanjutkan, yang Belum Baik Diperbaiki

Yang Baik Dilanjutkan, yang Belum Baik Diperbaiki
* Komandan Kogasma Pemenangan Pemilu Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: MCPD/OmarTara)

Oleh: Silvariyadi Rahman, Pengusaha Muda di Bandung, dan Kader Partai Demokrat

 

Slogan atau tagline Partai Demokrat:”Yang baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki” telah dituliskan dalam bentuk spanduk yang terpasang di berbagai pelosok negeri. Yaitu spanduk-spanduk yang menandai kesiapan partai berlambang mirip bintang mercy ini untuk bertarung sebagai partai peserta Pemilu 2019. Sebuah kesiapan yang tidak hanya dimaknai sebagai kesiapan untuk jadi peserta pemilu, tapi lebih-lebih untuk berperan serta membangun kehidupan bangsa ini jadi lebih baik di masa depan.

Menariknya slogan itu kembali terlontar dalam orasi politik pemimpin muda Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), pada Rapimnas yang dilangsungkan di Sentul International Convention Center (SICC), 10-11 Maret pekan silam. Dalam pidato yang berapi-api, AHY memompa semangat para peserta Rapimnas untuk bekerja lebih giat dan mendukung langkah-langkah partai untuk merebut kemenangan dalam pemilu mendatang, sekaligus untuk berpartisipasi menyejahterakan kehidupan seluruh bangsa.

Orasi politik Komandan Komando Tugas Bersama Pemenangan Pemilu 2019 Partai Demokrat itu tentu perlu kita renungkan bersama, karena poin-poin yang dikemukakannya patut dijadikan catatan agar kita dapat melihat arah yang lebih jelas ke depan, dalam rangka membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan yang dihadapi bangsa ini ke depan cukup berat. Secara politik, sosial maupun ekonomi kita akan menghadapi sandungan-sandungan yang tidak mudah. Meski demikian, kita tidak boleh menyerah. Sebaliknya kita justru harus memperkuat tekad untuk siap membangun kehidupan bersama yang bermartabat, berdaulat dan berkesejahteraan.

Perjalanan sejarah kita telah dan terus berlangsung dengan pasang surut silih berganti. Sejumlah pemimpin telah datang dan pergi dengan meninggalkan hasil kerja nyata mereka. Dan setiap hasil kerja nyata dari pemimpin terdahulu itu patut diapresiasi. Karenanya slogan di atas sangat tepat dan sangat positif dalam rangka meraih kemajuan.

Bagaimanapun, kita beruntung karena telah berhasil melalui perjalanan sejarah dengan meniti anak tangga dari bawah dan terus melangkah naik ke atas. Meskipun ada kendala di sana-sini, namun tidak bisa dipungkiri telah banyak kemajuan yang berhasil dicapai. Hal ini tentu saja karena ada para pemimpin bangsa yang membimbing seluruh anak bangsa untuk terus meraih kemajuan demi kemajuan. Karenanya kita patut mengapresiasi langkah-langkah dan kebijakan yang telah dilakukan para pemimpin bangsa terdahulu, untuk dilanjutkan kembali pencapaiannya oleh para pemimpin yang datang kemudian.

Jika kita singgung kembali tagline Partai Demokrat di atas, tentu ada yang bertanya: Dengan alasan apa tagline atau slogan tersebut dibuat? Menurut AHY, salah satu alasannya adalah karena Indonesia kini menjadi salah satu negara besar di Asia. Sejak tahun 2008, negara ini telah tercatat sebagai anggota G-20 dengan peringkat ekonomi nomor 16 di dunia. Dan itu adalah Indonesia yang dibangun dan dimajukan oleh para pemimpin dan pemerintahan dari generasi ke generasi terdahulu. Terlepas dari segala kekurangan dan ketidaksempurnaannya, setiap presiden dan pemerintahan pasti memiliki andil, capaian, dan prestasinya masing-masing.

Seperti diungkapkan AHY dalam orasi politik itu, Presiden Soekarno telah berhasil menyelamatkan bangsa ini dari rongrongan asing dan kelompok separatis. Presiden Soeharto telah berhasil membangun ekonomi, keamanan dan kesejahteraan rakyat. Presiden Habibie dengan jiwa ksatria mengundurkan diri untuk menghindari perpecahan bangsa, setelah berhasil menyelamatkan kehidupan bangsa dari hantaman krisis ekonomi yang serius. Presiden Abdurrahman Wahid dan Presiden Megawati telah berhasil melakukan konsolidasi politik pasca krisis, serta menormalisasi kehidupan bangsa. Dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah berhasil memperkuat ekonomi nasional, demokrasi, dan kerja sama internasional.

Sekarang, sambil siap-siap menyongsong penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat 2019 mendatang, kita mestinya menyiapkan diri untuk membangun kerja sama yang baik, demi meraih kesejahteraan bersama. Pernyataan berulang-ulang AHY dalam orasi politiknya itu: DEMOKRAT S14P! mestinya dijadikan pemicu semangat bagi seluruh jajaran partai, untuk bekerja lebih giat dan berbuat lebih banyak guna meraih kemenangan yang gemilang.

 

Sumber: http://www.demokrat.or.id

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.