Minggu, 8 Desember 19

Wujudkan Pemilu Jurdil Bawaslu Gandeng IMM

Wujudkan Pemilu Jurdil Bawaslu Gandeng IMM
* IMM resmi terakreditasi sebagai lembaga pemantau pemilu (Foto: muhammadiyah.or.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Perhelatan Pemilu 2019 sebentar lagi terlaksana. Pengawasan dan pemantauan pun harus terus dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang dapat  berjalan secara jurdil, yaitu jujur dan adil.

Untuk itu, Bawaslu mengandeng Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai lembaga pemantau pemilu. Sertifikat akreditasi sebagai lembaga pemantau pemilu diberikan secara langsung oleh anggota Bawaslu RI Mochamad Afifudin pada Selasa (19/2/2019).

Dari siaran pers Muhammadiyah pada Kamis (21/2), Ketua Bidang Hikmah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IMM Imam Alfian mengatakan, keikutsertaan IMM sebagai lembaga pemantau pemilu merupakan upaya mewujudkan inti dari demokrasi di Indonesia. Dia berharap Melalui Lembaga Pemantau pemilu ini IMM secara aktif dapat melakukan pengawasan aktivitas politik menjelang pesta demokrasi April mendatang.

“Yang akhir – akhir ini menurut kami banyak indikasi – indikasi pelanggaran pemilu terjadi,” ungkap Alfian.

Terakreditasinya resmi oleh Bawaslu, menjadikan IMM mempunyai beberapa kemudahan dalam melakukan pengawasan. Antara lain bisa menjalin dan mengakses komunikasi dengan Bawaslu yang notabennya adalah lembaga resmi yang mengawasi pemilu di Indonesia.

Kemudahan ini diharapakan bisa semakin memperkuat daya kerja IMM dalam pengawasan pemilu mendatang, sehingga potensi kecurangan bisa ditekan bahkan dihilangkan.

Nantinya, lembaga pemantau pemilu IMM ini tersebar ke seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM yang berada di 34 provinsi se-Indonesia. Dengan tanggung jawab di masing-masing DPD dan garis koordinasi terpusat di DPP. (Vina)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.