Senin, 26 September 22

WPF Wadahi Penyelesaikan Konflik yang Efektif untuk Perdamaian Dunia

WPF Wadahi Penyelesaikan Konflik yang Efektif untuk Perdamaian Dunia

Jakarta – Pimpinan pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan Cheng Ho Multi Culture Trust Of Malaysia dan didukung oleh Center For Dialogue and Cooperation among Civilsations (CDCC) menggelar World Peace Forum (WPF) ke-5 dengan tema “Quest for Peace : Lessons Of Conflict Resolution”.

Acara seperti ini dinilai penting untuk menciptakan perdamaian dunia dan khususnya Indonesia. Mengingat bahaya konflik horizontal masih mengancam negara yang plural seperti Indoensia. Beragam agama, budaya dan suku jika tidak bisa dikelola dengan baik maka akan mudah memunculkan gesekan yang ancamannya akan banyak memakan korban dan disintegrasi.

Menurut Ketua Pelaksana WPF, Andar Nubowo lebih dari 200 partisipan dari berbagai belahan dunia akan menghadiri acara WPF yang akan dilaksanakan di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta mulai 20 hingga 24 November 2014. Mereka yang hadir terdiri dari kalangan civil society seperti pemuka agama, intelektual, akademisi, politisi, aktivis dan wartawan dari Amerika Serikat, negara-negara Eropa, Afrika Utara, Asia Tenggara, Asia Timur dan Australia.

“Setiap negara punya konflik dan resolusi konflik yang berbeda. Forum WPF mewadahi seluruh negara untuk berbagi cara menyelesaikan konflik yang efektif dari pengalaman mereka yang pernah terlibat selesaikan konflik,” ujar Andar saat konfrensi pers di kantor CDCC , Menteng, Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Diaerbagai daerah rawan konflik seperti Kosovo, Pattani di Thailand Selatan, Mindanao Filipina, Aceh Indonesia, Nigeria dan Buddist-Muslim Myamnar memiliki kegagalan dan keberhasilan dalam upaya resolusi konflik. Dari keduanya negara-negara bisa belajar dalam uapaya untuk mencapai perdamaian abadi.

“Dalam meciptakan perdamaian kita tidak melulu bisa bergantung penuh pada pemerintah atau orgniasasi dunia, tapi civil society juga harus menjadi roda penggerak utama,”kata Andar

WPC kali ini pun akan dibuka secara resmi di gedung MPR RI yang akan dihadiri langsung oleh presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua PP Muhammadiya Din Syamsudin. Dalam acara forum dialog WPC Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga akan memberikan keynote speech.

“Besok Presiden Jokowi akan membuka WPF ke-5 pukul 19.00 WIB di gedung MPR RI Jakarta,” pungkas Andar. (Pur)

 

Related posts