Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Wow! Ternyata Penyaluran KUR BRI Tercepat di Dunia

Wow! Ternyata Penyaluran KUR BRI Tercepat di Dunia
* Direktur Utama BRI Asmawi Syam.

Jakarta, Obsessionnews – Dalam kurun waktu 4,5 bulan di tahun 2015, PT Bank Rakyat Indonsesia Tbk berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp16,2 triliun. Penyaluran KUR tersebut ternyata merupakan yang tercepat di dunia.

“Total nominal penyaluran KUR 2015 adalah Rp 16,2 triliun. Hanya dalam waktu selama empat setengah bulan. Karena keputusan dari pemerintah itu baru Agustus (menyalurkan KUR),” ungkap Direktur Utama BRI Asmawi Syam ketika paparan kinerja di depan anggota Komisi XI, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Menurut Asmawi, total debitur BRI dari KUR mencapai 920.954 orang. Realisasi debitur tersebut telah melampaui target yang sebesar 680.000 debitur. Dan jika dikonversikan dalam hitungan waktu, penyaluran KUR BRI dalam 1 detik bisa mendapatkan 2 nasabah.

“Ini memang ada asumsinya, kalau rata-rata di dunia, 2 detik 1 nasabah. Kalau BRI bisa 1 detik 2 nasabah. Kita paling tercepat di dunia,” kata Asmawi.

Bagaimana BRI melakukan itu? Asmawi mengungkapkan, caranya adalah dengan memanfaatkan anak-anak yang berada di kawasan tersebut. Misalnya, anak dari pedagang pasar yang kemudian dijadikan penyalur KUR.

“Anak-anak pedagang pasar kami jadikan sebagai bankir KUR. Jadi mereka tahu betul siapa yang membutuhkan kredit. Kami juga tidak perlu lagi meragukan. Kerjanya Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

Lebih jauh Asmawi mengatakan, realisasi penyerapan KUR yang cepat juga dikarenakan bunga yang rendah. Jika sebelumnya bunga KUR sebesar 22%, pada 2015 turun menjadi 12%. Bahkan saat ini turun lagi menjadi 9%. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.