Rabu, 24 April 24

Wow!! Ternyata Manfaat Beras Kencur Sangat Istimewa

Wow!! Ternyata Manfaat Beras Kencur Sangat Istimewa
* Beras Kencur. (foto: youtube.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ramuan jamu kuno beras kencur memang istimewa untuk kesehatan tubuh manusia. Apalagi diperuntukan buat orang yang baru sembuh dari penyakit, karena kandungan zat di dalamnya berkhasiat untuk memulihkan jaringan yang ada di tubuh manusia.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi, yuk kita ulas sedikit tentang khasiat dan manfaat ramuan beras kencur ini.

Beras kencur merupakan salah satu jenis jamu tradisional yang banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, tidak pahit seperti jamu kebanyakan lainnya, jamu beras kencur juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk kesehatan pria maupun wanita.

Berikut artikel mengenai 12 manfaat beras kencur untuk kesehatan dan cara membuatnya.

1Mengobati Sakit Kepala

Manfaat beras kencur yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, terutama bagi Anda yang sering mengalami migrain. Hal ini dikarenakan rasa hangat dan pedas yang terdapat dalam jamu beras kencur dapat memberikan efek meredakan sakit kepala.

2Pelangsing Tubuh yang Alami

Beras kencur dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat Anda gunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih langsing. Oleh karena itu, Anda dapat mengkonsumsi jamu beras kencur dengan diimbangi berolahraga secara rutin untuk memperoleh berat badan yang ideal secara lebih cepat.

3Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Khasiat beras kencur juga dapat digunakan dalam mencegah timbulnya jerawat yang dapat mengganggu penampilan Anda. Oleh karena itu, jamu beras kencur sangat ideal dikonsumsi bagi wanita atau Anda yang ingin mencegah atau mengatasi jerawat untuk menjaga penampilan.

4. Mengobati Masuk Angin

Memiliki efek yang dapat menghangatkan tubuh, membuat beras kencur dapat digunakan untuk mengobati masuk angin. Mengkonsumsi beras kencur secara rutin dengan dosis secukupnya dapat membuat tubuh Anda kembali lebih bugar dan sehat.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Khasiat beras kencur dipercaya dapat melegakan tenggorokan dan dapat membantu mengeluarkan lendir-lendir yang menempel pada tenggorokan. Selain itu, khasiat beras kencur ini juga dapat mengobati rasa sakit dan rasa gatal pada tenggorokan dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

6. Mengobati Sariawan

Manfaat beras kencur yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan kencur dapat meberikan rasa hangat. Untuk mengobati sariawan dengan beras kencur, Anda hanya perlu meneteskan sedikit cairan jamu beras kencur pada permukaan bibir yang terkena sariawan.

7. Meredakan Rasa Nyeri

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam beras kencur mampu meredakan rasa sakit dan nyeri pada bagian tubuh yang Anda alami. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai analgesik, yang dapat meredakan pegal-pegal dan rasa nyeri pada tubuh.

8. Mengatasi Sakit Maag

Manfaat jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit maag tanpa efek samping. Suatu kandungan nutrisi yang terdapat dalam beras kencur dapat menebalkan dinding lambung, yang selanjutnya dapat mencegah dan mengatasi maag.

9. Meningkatkan Stamina Tubuh

Mengkonsumsi beras kencur secara rutin diyakini dapat membuat tubuh Anda terasa lebih segar dan bugar setelah melakukan aktivitas yang berat, atau bagi Anda yang seorang pekerja kantoran dengan jadwal kerja yang padat. Minumlah jambu beras kencur ini sebelum tidur untuk memulihkan stamina tubuh ketika bangun tidur.

10. Mengobati Perut Mulas

Jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa mulas pada perut secara alami. Meskipun beberapa jenis jamu terkenal karena memiliki rasa yang pahit, jamu beras kencur memiliki rasa yang manis. Selain itu rasa yang sedikit pedas dan hangat pada jamu beras kencur ini juga dapat membantu Anda meredakan perut mulas.

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan dari jamu beras kencur ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya juga berperan penting dalam menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak yang sulit makan.

12. Menurunkan Kolesterol

Suatu senyawa yang terdapat dalam beras kencur dapat bermanfaat dalam melancarkan aliran empedu. Dimana cairan empedu ini dapat berperan penting dalam menjaga kelancaran penyerapan makanan yang ada di dalam tubuh. Sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kalau tadi sudah diulas manfaatnya, maka kita ulas juga bagaimana cara membuat ramuan jamu beras kencur dan penyajiannya, berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 1 kg kencur
  • 1 gelas beras
  • 1 genggam daun sirih dan rantingnya
  • 1 sendok teh jinten
  • 1 mangkuk kecil asam tanpa biji
  • 5 biji kunyit sebesar ibu jari
  • 1 kg gula aren

Caranya:

Beras tersebut direndam dalam air sekitar satu jam, kemudian digerus sampai Iembut. Jinten, sirih, kunyit, kencur ditumbuk halus. Lalu gula aren dihancurkan dan dicampurkan ke ramuan di atas.

Setelah itu, tambahkan air masak 1 botol. Aduk ramuan tersebut hingga rata betul kemudian dimasukkan ke dalam botol dan ditutup rapat. Bagus jika disimpan di dalam lemari es.

Untuk penyajian beras kencur ini, disarankan minum tiap pagi dan sore. Cukup minum 1 sloki saja setiap minum. Untuk menghilangkan rasa beras kencur di dalam mulut setelah minumnya, bisa dibasuh dengan perasan air jeruk nipis yang sedikit manis.

Bagi mereka yang baru sembuh dari sakit sebaiknya ditambah dengan kuning telur ayam kampung, madu murni 1 sendok makan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.