Sabtu, 28 Januari 23

Wow, Terima Kasih Guangdong University of Finance

Wow, Terima Kasih Guangdong University of Finance
* Guangdong University of Finance, China, menganugerahi Eka Sari Lorena sebagai Emeritus Professor, Selasa 20 Maret 2018.

Oleh: Eka Sari Lorena, Direktur Lorena Group

 

Jalan hidup sungguh tidak terduga. Suatu hari, ketika saya duduk di sekolah menengah, seorang guru meragukan kemampuan saya. Saya dinilai takkan dapat berjalan jauh. Saya dianggap terlalu biasa bagi dia. Namun, siapa sangka beberapa puluh tahun kemudian, campur tangan Tuhan membuat hidup kita, dan saya misalnya, jadi berbeda.
Di China, hari Selasa, 20 Maret 2018, Guangdong University of Finance, justru menganugerahi saya sebagai Emeritus Professor. Siapa sangka demikian. Guru saya dulu mungkin bisa pingsan.

Cikal bakal Guangdong University of Finance adalah Bangking School yang didirikan tahun 1950. Tahun 1985 berubah menjadi Guangzhou College of Finance. Dan pada Mei 2004, berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan RRC menjadi Guangdong University of Finance (GDUF).

Kini di GDUF sedang belajar tidak kurang dari 12.000 mahasiswa yang diasuh oleh 690 pengajar, di mana 55 orang di antaranya profesor dan 167 associate profesor. Pengajar tentu saja master semua, dan ahli di bidang finance.

Sebagaimana bangunan lain di China, kampusnya begitu luas dan indah. Perpustakaannya lengkap dengan sekitar 1,21 juta buku dan ratusan ribu buku elektronik.

Namun, dengan studi di China, siapapun sebenarnya tidak hanya dimanjakan oleh fasilitas yang lengkap. Tetapi, kita dimanjakan dengan pengalaman. Kapan lagi dapat belajar langsung dari rakyat di sebuah negara yang dalam 10-15 tahun mendatang diramal menjadi negara terbesar di dunia. Kapan lagi?

Apa manfaat dari perjalanan ini, atau gelar kehormatan profesor yang saya terima ya itu? Saya memaknainya untuk membina hubungan baik antara Indonesia, setidaknya antara saya, dengan China. Karena apa? Karena suka atau tidak suka, China suatu hari nanti akan melampaui Amerika sebagai negara nomor satu di dunia.

Siapa tahu ada pelajaran menarik juga yang bisa saya pelajari dari GDUF. Dan, kebetulan saya suka belajar kok. Suka belajar tanpa henti. Apa salahnya pula melangkah kembali masuk kampus?

Kenapa juga saya mau jauh-jauh terbang ke Guangdong, ribuan kilometer dari Jakarta untuk bersahabat dengan para profesor dari Guangdong University of Finance? Ya, karena persahabatan adalah embrio dari kolaborasi di masa depan. Dan kolaborasi adalah kunci sukses masa depan bukan sekedar saing-saingan apalagi jegal-jegalan.

Salam sukses!

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.