Sabtu, 18 September 21

Wow! Sudah 644 Orang Daftar Calon Presiden di Pilpres Iran

Wow! Sudah 644 Orang Daftar Calon Presiden di Pilpres Iran
* Pemilu Iran

Teheran – Ali Pourali Motlaq, sekretaris KPU Republik Islam Iran mengkonfirmasikan pendaftaran 644 kandidat pilpres hingga akhir hari ketiga.

“Berdasarkan data statistik terbaru di hari ketiga pendaftaran kandidat pilpres, 357 orang telah mendaftar dan total kandidat yang mendaftar hingga kini sebanyak 644 orang,” papar Ali Pourali Motlaq Kamis (13/4) sore.

Ia menambahkan, dari 357 yang mendaftar hari Kamis, 21 di antaranya adalah perempuan.

Jumlah pedanftar di hari pertama sebanyak 126 orang dan hari kedua 161, total kandidat yang mendaftar selama tiga hari adalah 644 orang.

Pendaftaran calon presiden di pemilu ke 12 Republik Islam Iran dibuka hari Selasa (11/4) dan akan berlangsung hingga Sabtu (15/4) di KPU Tehran.

Pilpres ke 12 berbarengan dengan pemilu ke 50 Dewan Kota dan Desa pada 19 Mei 2017.

Sementara itu, mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mencalonkan kembali dalam pemilihan presiden Iran pada pemilu Mei 2017. Meski pemimpin tertinggi Syiah Iran, Ayatullah Khamenei, memerintahkan Ahmadinejad tidak lagi maju dalam pemilu presiden.

Diberitakan Reuters, Ahmadinejad pada Rabu (12/4) mendaftarkan dirinya ke Kementerian Dalam Negeri di Teheran sebagai calon presiden untuk pemilu Mei mendatang.

Pendaftaran untuk peserta pemilu 19 Mei dimulai pada Senin lalu dan berlangsung selama lima hari pekan ini. Para pendaftar nantinya akan diseleksi kualifikasi politik dan keagamaannya oleh Dewan Pelindung Iran. (*/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.