Kamis, 25 April 24

Wow! Singapura Terima Presiden yang Kabur Didemo Rakyatnya

Wow! Singapura Terima Presiden yang Kabur Didemo Rakyatnya
* President Gotabaya Rajapaksa. (Telegraph India)

Ternyata Singapura menerima Presiden Sri Lanka yang kabur didemo rakyatnya,  hanya dengan alasan kunjungan pribadi. Kementerian Luar Negeri Singapura mengungkapkan alasan menerima kedatangan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa pada Kamis (14/7/2022).

Singapura menjelaskan bahwa kedatangan Rajapaksa merupakan murni kunjungan pribadi. Pemerintah Singapura juga menerangkan tak ada permintaan suaka politik dari Presiden Sri Lanka tersebut, seperti dikutip dari Reuters.

Kedutaan Besar Singapura di Indonesia juga mengatakan, Rajapaksa tidak akan mendapat suaka di negaranya.

“Dia [Gotabaya Rajapaksa] tidak meminta suaka juga tidak mendapatkan suaka. Singapura secara umum tidak menerima permintaan suaka,” demikian penjelasan Kedubes Singapura di Jakarta kepada CNNIndonesia.com, Kamis (14/7).

Rajapaksa tiba di Singapura dengan menumpang pesawat maskapai Saudia dari Maladewa, Kamis (14/7) sore waktu setempat.

Reuters melaporkan kedatangan Rajapaksa di Singapura merujuk data penerbangan. Namun, tak ada rincian lebih lanjut soal ketibaan dia.

Rajapaksa bertolak dari Bandara Internasional Velana Male, Maladewa, menuju Singapura bersama istrinya, Ayoma, dan dua pengawal.

Ia dan rombongan sebelumnya dilaporkan berencana kabur ke Singapura menggunakan Singapore Airlines pada Kamis pagi. Namun, rencana itu batal lantaran alasan keamanan.

Rajapaksa juga dikabarkan sempat berencana naik pesawat pribadi, tetapi akhirnya memilih menumpang maskapai Saudia.

Rajapaksa minggat dari Sri Lanka saat massa yang protes imbas krisis ekonomi menggeruduk Istana Presiden dan gedung pemerintah lain.

Ia dijadwalkan mundur pada Rabu (14/7). Namun, hingga kini parlemen Sri Lanka belum menerima surat pengunduran dirinya. Mereka hanya mengonfirmasi bahwa Rajapaksa telah mengundurkan diri melalui telepon.

“Sehubungan dengan dokumen resmi yang menandakan [pengunduran diri]. Saya diberitahu bahwa [surat pengunduran diri] akan saya terima hari ini,” kata ketua Parlemen Sri Lanka, Mahinda Yapa Abeywardena. dalam konferensi pers dikutip CNN.

Kursi presiden sementara kemudian jatuh ke Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe. Warga tak puas dengan keputusan ini, mereka lalu menggeruduk kantor PM.

Namun perwakilan massa aksi mengatakan, mereka siap meninggalkan gedung pemerintahan itu usai Wickremesinghe meminta pemulihan ketertiban. (CNNIndonesia/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.