Kamis, 24 Juni 21

Wow! Penari Perempuan Ini Berusia 106 Tahun

Wow! Penari Perempuan Ini Berusia 106 Tahun
* Seniman dan penari Eileen Kramer berusia 106 tahun. (Foto: BBC)

Penari perempuan berusia 106 tahun yang menolak disebut ‘tua’ ini masih rajin tulis buku dan bikin film, apa rahasianya?

Di usia 106 tahun, Eileen Kramer justru lebih produktif. Setiap hari dia menulis satu cerita dari kamarnya di satu panti jompo Sydney, Australia, lalu menerbitkannya menjadi buku.

Dia bahkan ikut lomba lukis paling terkemuka di Australia.

 

Setelah puluhan tahun tinggal di luar negeri, Kramer pulang ke kota tempat tinggalnya di Sydney pada usia 99 tahun.

Sejak itu, dia berkolaborasi dengan para seniman untuk membuat sejumlah video yang menunjukkan bakat utama sekaligus kecintaannya yang telah lama dia tekuni, yaitu menari.

Walau sudah berusia di atas 100 tahun, Kramer masih menari dengan gemulai. Kadang membuat gerakan-gerakan dramatis dengan bagian atas tubuhnya. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, dia pun jadi penata tari.

“Sejak kembali ke Sydney saya jadi sangat sibuk. Saya melakoni tiga pertunjukkan tari di NIDA (National Institute for Dramatic Art) dan teater-teater independen.

“Saya juga ikut serta dalam dua festival tari besar di Adelaide dan Brisbane. Saya pun masuk film, dari banyaknya pertunjukan, sudah menulis tiga buku, dan hari ini saya punya waktu bebas untuk bicara dengan Anda!” ujar Kramer di rumahnya.

Sering dia dapat pertanyaan ini: dari mana dia dapat energi sebesar itu dan apa rahasianya masih bisa menari di usia tua.

Dia pun sering menjawab begini: tidak ada kata “tua” dan “umur” dalam dirinya.

“Saya bilang: Saya tidak tua, saya cuma berada di sini lebih lama dan baru belajar sedikit-sedikit.

“Saya tidak merasa terpengaruh dengan apa kata orang saat kita sudah tua. Tingkah laku saya untuk membuat banyak hal sama saja dengan saat saya masih kecil.” (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.