Minggu, 5 Februari 23

Wow! MTQ VI Korpri 2022 Gunakan Sistem Penilaian Digital

Wow! MTQ VI Korpri 2022 Gunakan Sistem Penilaian Digital
* Ketum Korpri Prof Zudan saat berikan arahan pada MTQ VI Korpri. (ist)

Obsessionnews.com – Rangkaian acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Korpri Nasional di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terus berjalan secara simultan.

Sebelum dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Istana Gubernuran Sumbar, Senin (7/11/2022), siang harinya panitia melakukan orientasi Dewan Hakim MTQ Korpri.

Hal menarik dalam MTQ VI Korpri ini adalah sistem penilaian bagi para peserta anggota kafilah yang berlomba menggunakan aplikasi digital dan paperless.

“Siang ini kita membahas teknis Dewan Hakim dan Dewan Pengawas bagaimana menilai peserta MTQ dengan cara digital,” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Prof Zudan Arif Fakrulloh dalam pengantar dan arahannya pada MTQ VI Korpri Nasional.

Zudan menjelaskan, karena peserta MTQ VI Korpri ini sangat banyak, maka proses mengamulasikan nilai dilakukan secara digital. Sehingga akan memotong waktu lomba tanpa mengurangi kualitasnya.

“Tugas Dewan Hakim memberikan tanda mana yang baik, lebih baik, dan paling baik. Di tangan Dewan Hakim kami sandarkan objektivitas. Ini kata kuci yang sangat penting,” kata Ketum Korpri Nasional.

Zudan sangat mengapresiasi selama ini Dewan Hakim dan Dewan Pengawas memiliki marwah yang sangat tinggi.

Zudan pun menjamin tidak pernah ada yang mengintervensi satu pun anggota Dewan Pengawas, dan Dewan Hakim.

“Standar objektivitas yang paling tinggi, tidak boleh mengintervensi Dewan Hakim dan Dewan Pengawas,” kata Zudan.

“Keputusan ada di Dewan Hakim dan Dewan Pengawas. Perubahan metode penilaian hanya metode agar penyelenggaraan MTQ Korpri menjadi semakin baik. Semangatnya ada lah improvement terus menerus,” ujarnya menambahkan

Ketua Dewan Pengawas MTQ VI Korpri Nasional, Prof. Nassaruddin Umar mengatakan, ASN merupakan dapur pengelola negara.

“Kalau ASN diwarnai dengan nilai-nilai Al Quran akan menjadikan negeri ini semakin berkah. Negeri yang ‘baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur’,” kata Prof. Nasar.

Mendagri Ajak ASN Berintegritas Tinggi Sesuai Ajaran Al Quran

MTQ VI Korpri Tingkat Nasional dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat, Padang, Senin (7/11/2022) malam.

Dalam sambutannya Mendagri Tito menyampaikan, MTQ merupakan kegiatan yang diprogramkan oleh anggaran negara.

“Ini menunjukkan bahwa negara mendorong syiar Al Quranul Karim agar nilai-nilainya tercerap dalam perilaku 4 juta ASN anggota Korpri,” kata Mendagri.

Menurutnya, negara ini termasuk pemerintah daerah bakal maju kalau sistemnya baik. ASN sebagai motor penggerak birokrasi harus memiliki integritas dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan clean government.

Tito berpesan, dengan menyerap nilai-nilai terbaik dari Al Quran, maka ASN akan memiliki emotional dan spiritual quotient atau keimanan yang bagus kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. “Dengan begitu integritas dan komitmennya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih menjadi lebih solid lagi,” kata Tito.

Senada dengan Mendagri Tito, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan bahwa Sumatera Barat memiliki branding yang sangat kuat dengan tokoh-tokohnya yang memiliki integritas tinggi dalam proses kebangsaan dan ketatanegaraan nasional.

“Ini akan mengukuhkan semangat ukhuwah dan semangat membangun semangat persatuan yang kuat dalam keberagaman.”

Ingat Sumatera Barat, kata Zudan, pasti ingat Bung Hatta, Haji Agus Salim dan Hajah Rangkayo Rasuna Said, beberapa nama tokoh nasional dengan integritas kebangsaan yang sangat kuat,

“Saya ingin para ASN anggota Korpri mewarisi semangat beliau. Integritasnya Bung Hatta, kecerdikan Haji Agus Salim, dan keteguhan hati HR Rasuna Said. Ini akan menjadi bekal kuat bagi kita para ASN,” tutur Zudan.

Kepada Mendagri Tito Karnavian sebagai Pembina Korpri, Zudan juga menyampaikan banyaknya permohonan dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan pemerintah kabupaten/kota supaya bisa ikut menjadi kafilah atau peserta MTQ.

Makanya mulai MTQ Korpri 2024, Zudan bakal mematok PTN dan pemkab/pemkot itu sebagai peserta agar bisa mengikuti ajang tilawatil Quran ini.

Perhelatan MTQ VI Korpri tahun ini diikuti sebanyak 1.400 peserta dan official dari 34 provinsi se-Indonesia dan 49 kementerian/lembaga.

Untuk pelaksanaan Musabaqah sendiri pada tanggal 8 sampai 11 November dan penutupan MTQ pada 12 November.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pengurus Korpri Pusat yang telah memberi kepercayaan kepada Sumbar sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional,” kata Ketua Dewan Pengurus Korpri Sumbar sekaligus Sekprov Sumbar, Hansastri.

MTQ VI Korpri di Padang ini memperlombakan sembilan cabang dengan delapan venue, tempat pelaksanaan lomba.

Yakni Tartil Quran dilaksanakan di Masjid Al Hakim, Tilawah Quran di Masjid Raya Sumbar. Hifzul Quran Golongan Juz 30 di aula Kantor Gubernur, Hifzul Quran dengan 7 surat pilihan di aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar. Kemudian, Dakwah Al Quran dan Doa di aula UIN Imam Bonjol Padang.

Khat Quran di aula SMA Negeri 1 Padang, Khutbah Jumat dan Azan di aula Dinas Kebudayaan Sumbar. Penulisan artikel Al Quran di Laboratorium Komputer BKD Sumbar,” papar Hansastri.

Selain itu, selama MTQ berlangsung juga terdapat pameran dan bazar di halaman Kantor Gubernur pada tanggal 7 hingga 12 November.

“Diadakan Seminar Al Quran di Hotel Pangeran Beach, 7 November,” tuturnya. Ia berharap melalui MTQ Korpri tingkat Nasional ini memberikan dampak perekonomian bagi Sumbar.

Di sisi lain, Hansastri menyebutkan, Sumbar mengutus 1 kafilah terdiri dari 25 orang serta 10 official.

“Kami menargetkan kontingen Sumbar meraih juara umum dalam MTQ VI Korpri tingkat Nasional ini,” tekad Hansastri.

Hansastri mengimbau semua ASN dan masyarakat Sumbar untuk menyukseskan serta menyaksikan pelaksanaan MTQ VI Korpri tingkat Nasional. Baik secara langsung di delapan venue maupun live streaming.

“Bagi masyarakat Sumbar, kita sambut dan layani tamu sebaik-baiknya. Karena itu akan menjadi citra masyarakat Sumbar bagi tamu-tamu,” ajak Hansastri.

Hukum Kekekalan Energi Jadikan MTQ VI Korpri Nasional Lebih Baik

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof. Zudan Arif Fakrulloh resmi melantik 105 Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan Panitera MTQ VI Korpri Nasional pada Senin (7/11/2022) pagi di Padang, Sumatera Barat.

Zudan berterima kasih kepada para Dewan Pengawas yang dipimpin Prof. Nasaruddin Umar dan Dewan Hakim yang dipimpin Prof. Darwis Hude.

“Terima kasih dan apresiasi saya yang tulus kepada Dewan Pengawas dan Dewan Hakim, Panitera beserta jajaran. Selama 4 kali saya memimpin MTQ Korpri tidak pernah ada satu pun peserta protes atas keputusan Dewan Hakim. Artinya, Allah SWT menunjuk orang yang tepat sebagai Dewan Hakim dan Dewan Pengawas,” kata Prof. Zudan.

Lebih lanjut Ketum Korpri ini juga menyinggung soal “hukum kekekalan energi”, yakni energi yang dikeluarkan tidak pernah hilang, melainkan berakumulasi dengan energi lain menjadi lebih baik.

“Kemajuan luar biasa yang kita capai sekarang ini merupakan akumulasi dari capeknya Dewan Pengawas dan Dewan Hakim pada MTQ sebelumnya. Menjadi MTQ Korpri hai ini menjadi semakin baik,” kata Zudan.

Zudan optimis, kompetensi yang dimiliki oleh para dewan hakim yang telah ditunjuk, akan mampu melahirkan pemenang yang memang berhak menyandang gelar juara, sesuai dengan kemampuan terbaiknya.

“Dewan Hakim dan Pengawas dan Panitera dengan pengalamannya yang panjang hanya bertugas memberi tanda peserta yang baik, lebih baik, dan terbaik. Tidak ada ASN yang jelek, tapi kita memilih yang terbaik. Semoga dengan kualitas seperti ini ASN tumbuh lebih baik, lebih kuat mewarnai ASN seluruh Indonesia,” katanya.

Lebih jauh Prof Zudan mengingatkan bahwa ajang MTQ Nasional Korpri VI ini bukan hanya sekadar mencari juara. Namun lebih kepada membangun semangat bagi ASN agar mampu membumikan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Pada saat yang sama Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mendukung MTQ Korpri sebagai salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Al Quran di kalangan ASN.

Wagub Sumbar ini mengungkapkan kehadiran lebih dari 1.000 peserta banyak membawa pengaruh baik bagi Pemprov Sumbar.

“Mungkin setengah yang hadir iu belum pernah ke Sumbar. Terbayang enaknya makan kepala ikan. Sebab, masakan Padang iytu hanya dua, yaitu masakan enak dan enak sekali. Ini berkah bagi Sumbar,” kata Wagub Audy.

Audy Joinaldy berharap selama seminggu ke depan para anggota kafilah MTQ Korpri mendapat pengalaman yang menarik dan mengesankan. “Silakan foto-foto makanan, foto pemandangan, tolong sebarkan hal yang baik di Sumbar ke media sosial. Laporkan ke kami bila ada hal yang kurang baik,” kata Audy.

Seperti diketahui, MTQ ini diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT Korpri ke-51. Setidaknya, ada 9 cabang/golongan lomba yang dimusabaqahkan dengan diikuti oleh 83 kafilah termasuk dari kementerian/lembaga dan provinsi se-Indonesia.

Diyakini menjadi MTQ tingkat nasional terbesar sepanjang sejarah, acara yang dimulai pada 7 November 2022 ini akan ditutup pada 12 November 2022. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.