Sabtu, 2 Juli 22

Wow! Mourinho Gondol Lima Piala Eropa

Wow! Mourinho Gondol Lima Piala Eropa
* Jose Mourinho. (Getty/Goal)

Setelah 61 tahun atau sejak 1961, kini AS Roma baru meraih piala Eropa pada 2022. Keberhasilan AS Roma menjuarai edisi perdana UEFA Europa Conference tak bisa dilepaskan dari peran Jose Mourinho sang pelatih.

Dengan demikian, Mourinho telah menggondol 5 (lima) piala Eropa dengan empat tim berbeda (FC Porto 2X, Inter Milan, Manchester United dan AS Roma).

Mourinho masih dalam jajaran pelatih elite usai mengantar AS Roma menjuarai UEFA Europa Conference League edisi perdana!

Di final yang digelar Tirana, Albania, Roma keluar sebagai pemenang dengan mengalahkan wakil Belanda Feyenoord lewat skor tipis 1-0.

Ini adalah trofi Eropa pertama bagi Roma sejak keberhasilan mereka merengkuh Inter-Cities Fairs Cup pada 1960/61, selagi Mourinho merupakan manajer pertama yang mampu memenangkan kompetisi mayor Eropa dengan empat tim berbeda (FC Porto 2X, Inter Milan, Manchester United dan Roma).

Dengan keberhasilan ini, Mourinho menahbiskan diri ke dalam jajaran pelatih dan Goal merangkum juru taktik dengan koleksi gelar terbanyak sejak 2000 berikut ini :

10) Roberto Mancini
Koleksi Trofi Sejak 2000: 14

9) Stephen Kenny
Koleksi Trofi Sejak 2000: 14

8) Laurent Blanc
Koleksi Trofi Sejak 2000: 15

7) David Jeffrey
Koleksi Trofi Sejak 2000: 16

6) Sir Alex Ferguson
Koleksi Trofi Sejak 2000: 20

5) Ramon Tribulietx
Koleksi Trofi Sejak 2000: 20

4) Carlo Ancelotti
Koleksi Trofi Sejak 2000: 22

3) Jose Mourinho
Koleksi Trofi Sejak 2000: 25

2) Mircea Lucescu
Koleksi Trofi Sejak 2000: 29

1) Pep Guardiola
Koleksi Trofi Sejak 2000: 32

AS Roma Juara UEFA, Mourinho Bertahan
Jose Mourinho menjanjikan masa depannya ke AS Roma setelah membawa klub Serie A Italia itu meraih gelar UEFA Conference League yang perdana, dengan mengatakan bahwa dia merasa seperti “Romanista 100 persen”.

The Special One mengatakan dia berkomitmen untuk klub setelah membawa AS Roma meraih trofi utama Eropa yang pertama.

Mourinho dan AS Roma memenangkan trofi UEFA Conference League yang pertama pada Kamis (26/5) dini hari WIB setelah mengalahkan Feyenoord 1-0 di final berkat gol dari Nicola Zaniolo.

Pelatih asal Portugal itu dikait-kaitkan dengan pekerjaan lain dalam beberapa pekan terakhir, termasuk mantan klubnya, Inter, namun dia menegaskan akan bertahan di AS Roma.

“Kami membuat sejarah hari ini, ada banyak hal di kepala saya saat ini,” ujar Mourinho kepada Sky Sports.

“Saya sangat menghormati semua klub tempat saya bekerja, tapi hari ini saya Romanista 100 persen, karena para fans ini luar biasa.”

“Saya akan bertahan di AS Roma, tidak diragukan lagi, bahkan jika ada beberapa tawaran akan datang. Saya ingin bertahan di sini.”

Rekor final Mourinho
Dengan kemenangan itu, Mourinho menjadi manajer pertama yang memenangkan ketiga trofi klub utama Eropa, setelah sebelumnya memenangkan Liga Champions dan Liga Europa.

Mourinho sudah mengikuti lima final Eropa dan, dengan kemenangan lawan Feyenoord, dia sekarang memenangkan semua lima final untuk mempertahankan rekor sempurnanya.

Manajer asal Portugal itu melatih AS Roma pada musim ini, membawa mereka ke urutan keenam di Serie A serta membantu klub merebut trofi pertama mereka sejak memenangkan Coppa Italia pada musim 2007/08. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.