Sabtu, 20 April 24

Wow, Keren! Inilah Pasta Gigi Herbal Inovasi Mahasiswa UGM

Wow, Keren! Inilah Pasta Gigi Herbal Inovasi Mahasiswa UGM
* Pasta gigi itu Gadjah Mada Tooth Paste (GAMATOP) yang merupakan Inovasi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Setiap orang tentu berobsesi mempunyai gigi sehat, putih, dan bersih. Oleh karena itu munculnya perubahan warna pada gigi seringkali menjadi momok bagi kebanyakan orang karena dapat menganggu penampilan.

Mutiara Annisa, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, mengatakan, perubahan warna gigi ini sering terjadi akibat mengonsumsi minuman. Salah satunya adalah kebiasaan meminum teh.

“Perubahan warna gigi (extrinatic stain) sering mendera masyarakat dan pemakai gigi tiruan dengan kebiasaan minum teh,” tutur Mutiara di Kampus UGM seperti dikutip dari siaran pers Humas UGM, Jumat (29/7/2016).

Menurutnya, dewasa ini telah banyak dikembangkan pasta gigi untuk mengatasi perubahan warna pada gigi. Hanya saja kebanyakan produk di pasaran berasal dari bahan kimiawi. Oleh karena itu Mutiara bersama kedua rekannya dari FKG UGM, Puteri Aulia Rizqi Kanina dan Nur Liyana Binti Hamid, berusaha membuat formula baru berbahan herbal untuk mengatasi persoalan tersebut. Formula pasta gigi itu dinamakan Gadjah Mada Tooth Paste (GAMATOP). Wow, keren!

Mereka memanfaatkan bahan-bahan alam lokal yang banyak ditemukan di masyarakat. Mereka menggunakan daun teh hijau, daun salam, dan kulit jeruk nipis sebagai bahan utama untuk mengatasi perubahan warna akibat konsumsi teh.

“Jadi kita buat dalam tiga varian yaitu pasta gigi berbahan ekstrak daun teh hijau, daun salam, dan kulit jeruk nipis,” jelasnya.

Mutiara menjelaskan, dalam daun teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin gallate yang dikenal sebagai anti oksidan. Untuk itulah mereka memanfaatkan bahan tersebut sebagai komponen utama pembuatan pasta gigi. Sementara itu dalam daun salam mengandung senyawa eugenol yang dapat berfungsi menjaga kesehatan mukosa mulut. Sedangkan dalam kulit jeruk nipis mengandung senyawa naringin yang berfungsi sebagai pemutih.

“Pasta gigi berbahan herbal ini mampu membersihkan noda atau plak pada permukaan gigi, anasir gigi, dan resin akrilik,” cetusnya.

Ia menjelaskan penelitian yang mereka lakukan berhasil lolos maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Institut Pertanian bogor (IPB) pada Agustus mendatang.

Sementara itu Puteri menambahkan pasta gigi yang mereka kembangkan bersifat lebih aman digunakan karena berasal dari bahan herbal. Disamping itu, juga tidak bersifat mengikis lapisan gigi seperti pada pasta gigi kimiawi di pasaran.

“Kelebihan lain, pasta gigi ini tidak hanya bisa dipakai pada gigi asli, tetapi juga pada gigi tiruan,” jelasnya.

Dari penelitian ini memberikan informasi kepada masyarakat tentang manfaat penggunaan ekstrak daun teh hijau, daun salam, serta kulit jeruk nipis untuk membersihkan noda gigi penyebab perubahan warna pada gigi. Selain itu ke depan formula ini dapat dikembangkan sebagai pasta gigi herbal sebagai produk alternatif untuk mengatasi perubahan warna pada gigi. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Anak dari Keluarga Berekonomi Lemah Ini Diterima di FEB UGM

Mengagumkan! Tias, Anak Penjual Es Diterima Kuliah di UGM

Hebat! Novi, Anak Buruh yang Diterima Kuliah di FH UGM

Dahsyat! Obsesi Anak Sopir Angkot Ini Kuliah di UGM Terwujud

Luar Biasa! Anak Pemulung Ini Sukses Masuk FK UGM

Kisah Inspiratif! Erwan, Anak Tukang Ojek yang Diterima di UGM

Luar Biasa! Anak Kuli Bangunan Ini Diterima di UGM

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.