Selasa, 26 Oktober 21

Wow! Ini Lukisan Termahal di Dunia Tahun 2015

Wow! Ini Lukisan Termahal di Dunia Tahun 2015
* "Nafea Faa Ipoipo" atau "When Will You Marry?" karya Paul Gauguin

Jakarta, Obsessionnews – Bagi para pecinta seni lukis, berburu dan mengoleksi lukisan telah menjadi sebuah hobi. Banyak kolektor yang berburu lukisan hingga ke luar negeri. Tapi tak sedikit di antara mereka yang juga menggemari lukisan karya tangan orang Indonesia baik lukisan abstrak maupun kontemporer.

Berikut daftar lima lukisan termahal di dunia sepanjang tahun 2015:

Nafea Faa Ipoipo atau When Will You Marry?

Lukisan yang menggambarkan tentang dua wanita Tahiti ini karya Paul Gauguin, dan terjual dengan harga US$300 juta pada Februari 2015.

Les Femmes d’ Alger (“Version O”) atau Women of Algeirs (“Version O”)

Women of Algeirs (“Version O”) Karya Pablo Picasso
Les Femmes d’ Alger karya Pablo Picasso.

Karya Pablo Picasso ini berhasil terjual dengan harga Rp 2,4 triliun pada Mei 2015. Lukisan ini dibeli oleh seorang mantan perdana menter dari Qatar. Namun, lukisan ini tidak dapat dipamerkan di depan masyarakat Qatar. Pasalnya, lukisan ini menampilkan payudara wanita, sedangkan hukum yang berlaku di Timur Tengah cukup ketat.

Pasukan Kita Karya

"Pasukan Kita" karya  S. Sudjono.
“Pasukan Kita” karya S. Sudjono.

Goresan tangan pelukis Indonesia, S. Sudjono, ini merupakan salah satu lukisan yang terjual dengan harga cukup fantastis, yakni US$179,3 juta! Lukisan ini menampilkan pasukan yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro. Lukisan yang terjual dilelang tahun lalu ini berhasil memecahkan rekor di Asia Tenggara.

Bathing in the Shower

"Bathing in the Shower" arya Hendra Gunawan.
“Bathing in the Shower” arya Hendra Gunawan.

Karya Hendra Gunawan ini terjual di acara lelang Sotheby’s, Hong Kong. Pada acara tersebut, lukisan ini didaulat sebagai karya seni buatan pelukis Asia Tenggara dengan harga termahal tahun 2015. Lukisan ini laku terjual dengan harga Rp 18 miliar.

Tegas dan Seimbang

"Tegas dan Seimbang" karya Heno Airlangga.
“Tegas dan Seimbang” karya Heno Airlangga.

Karya pelukis Indonesia, Heno Airlangga, ini merupakan karya abstrak dengan hargaa lelang Rp 50 juta – Rp 75 juta. Lukisan abstrak ini menggambarkan sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. (Indah Kurniasih, dari berbagai sumber)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.