Rabu, 25 Mei 22

Wow, Buffon Jadi Kiper Pertama Peraih Golden Foot

Wow, Buffon Jadi Kiper Pertama Peraih Golden Foot
* Kiper Timnas Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon (Foto: Juventus.com)

Turin, Obsessionnews.com – Penjaga gawang Timnas Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon, dinobatkan sebagai pemenang Golden Foot 2016. Penghargaan ini menjadi yang pertama bagi seorang penjaga gawang sejak digelar pada 2003 silam.

Seperti dilansir AS, Rabu (12/10/2016), Buffon dipilih karena dinilai berhasil membawa Juventus meraih gelar scudetto kelima kali secara beruntun dan Coppa Italia. Buffon yang berusia 38 tahun itu juga dinilai memiliki jiwa kepemimpinan baik saat menjadi kapten Italia di Piala Eropa 2016.

Pada ajang ini, Buffon menyisihkan sejumlah kandidat kuat dari para pesepak bola top seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Andrea Pirlo, dan Frank Lampard.

Buffon menjadi pesepak bola Italia keempat yang mendapatkan penghargaan ini setelah Roberto Baggio (2003), Alessandro del Piero (2007), dan Francesco Totti (2010). Sementara di Juventus, Buffon menjadi pemain ketiga yang mendapatkannya setelah Pavel Nedved (2004) dan Alessandro del Piero.

Italia sendiri saat ini menjadi negara terbanyak pemenang Golden Foot disusul Brasil dengan tiga pemain.

Penghargaan sepak bola internasional ini diberikan kepada pemain aktif yang berusia minimal 29 tahun, dan hanya dapat memenangkannya sekali. Pemain dipilih berdasarkan kepribadian dan prestasi dan raihan suara dari para penggemar sepak bola melalui situs laman internet dan media sosial resmi Golden Foot.

Pemenang penghargaan juga diberikan kesempatan untuk meninggalkan cetakan permanen jejak kaki pada “The Champions Promenade”, di pinggir laut Kepangeranan Monako. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.