Selasa, 5 Juli 22

Wow! Belanda Izinkan Pemain Wanita Gabung Klub Pria

Wow! Belanda Izinkan Pemain Wanita Gabung Klub Pria
* Pemain wanita Belanda. (Foto: Goal.com)

Pemain sepak bola wanita boleh bergabung dengan tim senior pria Belanda mulai musim depan, demikian pengumuman Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Belanda sudah menerapkan sepak bola antargender sejak lama di usia muda, tapi kini akan meluaskannya ke level senior.

Percampuran gender dalam sepak bola Belanda sudah ada sejak 1986, dengan para pemain wanita dan pria bisa bermain bersama sekaligus berhadapan satu sama lain di kelompok usia muda, yakni hingga usia 12 tahun.

Aturan itu kemudian diperluas hingga kelompok usia yang lebih tua di dalam struktur klub, yakni kategori tim B pada 1995 – sebelum bisa masuk ke kategori tim muda A pria setahun berselang.

Namun, langkah bersejarah selanjutnya membuat para pemain wanita sekarang juga bisa bermain di tim senior kategori A dalam sepak bola amatir di negara tersebut.

Menanggapi terobosan tersebut, direktur sepak bola amatir KNVB Jan Dirk van der Zee berkata,”Sampai saat ini sepak bola campuran dimungkinkan untuk dimainkan di semua sektor tim muda di Belanda.”

“Namun, begitu pemain wanita mencapai usia senior, mereka harus memilih bermain di liga wanita atau terus bermain campuran di kategori B.”

“Berdasarkan hasil penelitian terbaru, kami tidak lagi melihat alasan untuk tetap berpegang pada aturan lama tersebut dan memilih untuk menerapkan kesetaraan dan keragaman.”

“Kami ingin para pemain muda dan senior wanita bisa menemukan tempat yang cocok bagi mereka sendiri di kancah sepak bola berdasarkan kualitas dan ambisi mereka.”

Satu pemain wanita yang melakukan terobosan adalah pesepak bola 19 tahun, Ellen Fokkema yang mendapat izin untuk mengikuti trial dengan VV Foarut, klub senior pria yang bermain di kasta keempat Belanda.

Fokkema sudah menjadi bagian dari klub tersebut sejak usia lima tahun dan permintaan dari dirinya dan jika klub agar bisa terus bermain sepak bola campuran di level senior mendapat persetujuan pada Agustus 2020.

“Saya telah bermain dengan para pria di sini sejak saya berusia lima tahun dan sangat disayangkan tidak bisa bermain dengan mereka di tim tahun depan,” katanya kepada NL Times.

“KNVB selalu menyarankan saya untuk bermain dengan para pemain pria selama mungkin, jadi mengapa tidak mungkin? Ini cukup menantang, membuat saya lebih bersemangat. Saya bertanya kepada klub apakah ini mungkin diwujudkan dan bersama-sama kami kemudian mengajukan permohonan kepada KNVB.”

“Saya tidak berani mengatakan bagaimana nantinya sepak bola campuran ini [di klub senior pria] akan berjalan, namun saya sangat senang karena saya dapat ambil bagian dalam [regulasi] percobaan ini.”

Tapi sayangnya, karena pandemi COVID-19, sepak bola amatir di Belanda tahun lalu dihentikan di tengah jalan. Regulasi itu baru bisa diterapkan mulai kampanye musim 2021/22 mendatang. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.