Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Wow! Alat Ini Bisa Matikan Lampu Lewat SMS

Wow! Alat Ini Bisa Matikan Lampu Lewat SMS

Semarang, Obsessionnews – Luar biasa! Itu lah kata yang pantas disematkan kepada seorang Irawan Pudja Hardjana, kreator alat pengatur hidu mati lampu bohlam menggunakan layanan Short Message Service (SMS). Bagaimana tidak, hanya dengan mengirimkan satu buah sms, maka seseorang bisa mematikan/menghidupkan lampu seisi rumah, bahkan dari jarak jauh sekalipun.

Irawan yang kesehariannya berprofesi sebagai seorang guru listrik di SMK Dinamika Tegal ternyata bisa menciptakan alat yang diberi nama SMS Controller ini. Berawal dari hobi mengotak atik micro controller, ia lalu berfikir jika alangkah mudahnya bisa memanfaatkan kendali jarak jauh untuk mematikan listrik rumah.

“Dalam keseharian kita terkadang lupa mematikan lampu. Atau mungkin jika sedang berlibur jauh, maka lampu seringkali dihidupkan 24 jam. Lebih-lebih jika padam di malam hari, tentu menjadi rawan. Sehingga saya terpikir untuk mengendalikan nyala lampu rumah secara otomatis,” ujarnya kepada obsessionnews.com, Rabu (25/5/2016).

Sejatinya, sudah ada alat serupa dengan menggunakan timer atau photocell. Meski realtif mudah dan murah, namun cara tersebut tidak meliputi semua lampu di dalam rumah. Apalagi photocell rentan dengan gangguan fisik karena terletak di luar rumah, sedangkan timmer dibatasi usia baterai.

“Jika memakai sms controller, kontrol lampu dan peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik jauh lebih mudah dan tanpa dibatasi jarak. Selain itu, karena posisi alat di dalam rumah, tentunya aman,” papar dia.

Cara kerjanya sangatlah mudah. Pengguna cukup mengetikkan perintah melalui SMS biasa ke nomor yang sudah terpasang di dalam alat. Misal, ‘Lampu 1 Off’, maka selang beberapa menit lampu di ruangan 1 akan mati. Begitu pula sebaliknya. SMS Controller juga bisa menghidupkan dan mematikan lampu secara bersamaan, seakan pengguna berada di rumah.

“Simpelnya, seluruh perangkat listrik tersambung ke modul SMS Controller dan Rellay yang didalamnya tertanam modem berisi kartu GSM biasa. Jadi pengguna tinggal sms lampu atau alat listrik mana saja yang diinginkan, kapan pun, dimana pun,” jelasnya.

Ia membutuhkan waktu selama sehari untuk merangkai seluruh alat. Meski belum pernah dicoba ke rumah sungguhan, akan tetapi hasil di rangkaian simulasi berhasil sangat baik. Inovasinya ini bahkan mendapat tanggapan positif dari Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono.

“Ini bukan luar biasa lagi, tapi ruaarr biasa,” kata dia tersenyum lebar.

Menurutnya, teknologi ini sangatlah bermanfaat dan tepat guna bagi masyarakat. Terlebih, saat masyarakat hendak berpergian lama sehingga tidak ada yang menghidupkan dan mematikan lampu rumah.

“Jadi lebih hemat listrik. Dan juga bisa memberi aman toh, buat pemilik rumah,” tutur pria berkumis ini.

Sementara Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Jateng, Teguh Wynarno mengaku akan terus mendampingi hasil inovasi Irawan. Bahkan, informasi terakhir sebuah perusahaan swasta di Semarang yang bergerak di bidang properti sudah menawar SMS Controller ciptaan Irawan.

“Saya pernah liat (alat) seperti ini di Malaysia, tapi tidak sesimpel ini yang hanya menggunakan SMS. Ada satu apartemen yang sudah deal mau membeli hasil karya mas Irawan,” tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.