Sabtu, 8 Oktober 22

WIKA Suntikkan Modal Rp150 Miliar ke WIKA Realty

WIKA Suntikkan Modal Rp150 Miliar ke WIKA Realty

Jakarta – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) melakukan peningkatan modal disetor/ditempatkan sebesar Rp150 miliar kepada salah satu anak perusahaannya WIKA Realty untuk mendukung pertumbuhan WIKA Realty sesuai dengan Rencana Jangka Panjang 2014 – 2018. WIKA berencana melakukan peningkatan modal disetor/ditempatkan sebesar Rp300 miliar kepada WIKA Realty yang akan dilakukan secara bertahap yaitu Rp150 miliar pada tahun 2014 dan Rp150 miliar di tahun 2015.

Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo menuturkan, seluruh pemegang saham WIKA Realty telah menyetujui untuk mengambil bagian atas peningkatan modal WIKA Realty secara proporsional terhadap kepemilikan saham masing-masing pemegang saham dalam WIKA Realty.

Dengan adanya transaksi afiliasi ini akan menambah kepemilikan penyertaan modal WIKA kepada WIKA Realty yang berdampak pada peningkatan deviden dikemudian hari. Bagi WIKA Realty penambahan modal ini akan berguna untuk menambah ekuitas dan menurunkan debt equity ratio, meningkatkan jaminan pinjaman, menambah kas dan modal serta meningkatkan kemampuan investasi untuk menambah recurring income dan meningkatkan perolehan kontrak baru.

Selain itu, untuk memperkuat struktur permodalan sehingga dapat meningkatkan potensi perusahaan untuk mendapatkan tambahan pendanaan dari pihak ketiga serta menumbuhkan kinerja yang lebih baik setelah penambahan modal dari WIKA. Sebelumnya, WIKA memiliki kepemilikan saham di WIKA Realty sebesar 85,26%, sisanya dimiliki Koperasi Karya Mitra Satya sebesar 13,90% dan Yayasan WIKA sebesar 0,84%.

Saat ini WIKA Realty sedang mengembangkan 9 kawasan landed house dan 12 proyek high rise, yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia yakni di Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sumatera. Selain sebagai pengembang WIKA Realty juga memiliki unit usaha bidang property management berupa pengelolaan klub olah raga, perkantoran, perhotelan, apartemen serta kawasan industri dan unit usaha bidang konstruksi yang saat ini lebih difokuskan untuk menangani proyek-proyek high rise yang sedang dikembangkan WIKA Realty. (Ali)

Related posts