Selasa, 18 Januari 22

Breaking News
  • No items

WhatsApp Bisa Dipakai Meski HP Habis Internet, Ini Caranya!

WhatsApp Bisa Dipakai Meski HP Habis Internet, Ini Caranya!
* ilustrasi WhatsApp. (ist)

WhatsApp (WA) telah meluncurkan versi beta terbuka fitur baru, yakni multi-device. Melalui fitur ini, WA bisa digunakan tanpa harus menghubungkan ponsel utama dengan internet, melainkan cukup menghubungkan internet pada PC.
Fitur meningkatkan kemampuan aplikasi WA sebelumnya, di mana satu akun bisa diakses di ponsel dan web secara bersamaan. Namun dengan catatan ponsel harus tetap terhubung dengan internet.

Untuk fitur multi-device, ponsel utama tak perlu terhubung dengan internet lagi ataupun baterai mati. Dengan begitu WA bisa dijalankan di perangkat lain.

“Dengan kemampuan baru ini Anda sekarang bisa menggunakan WhatsApp di ponsel dan hingga 4 perangkat non ponsel lain secara bersamaan, bahkan jika baterai ponsel mati,” kata laman Engineering Facebook dikutip Sabtu (27/11/2021), seperti dilansir CNBC Indonesia.

Fitur multi-device tersebut masih versi beta atau dalam tahap tahap uji coba tetapi bisa digunakan jika pengguna terdaftar dalam program ini. Untuk menjajal versi uji coba, WA menyarankan pengguna memperbarui atau update aplikasi ke versi terbaru.

Seluruh pengguna aplikasi versi biasa dan Business Beta baik di Android dan iOS bisa ikut uji coba. Pengguna juga harus memastikan WA sudah dalam versi terbaru untuk bisa bergabung dengan pengujian beta.

Berikut cara menggunakan WA tanpa internet.

Cara Pakai WhatsApp Tanpa Internet di iOS

1. Buka Pengaturan WhatsApp
2. Pilih Perangkat Tertaut
3. Pilih Beta multi-device
4. Ketuk Gabung ke Beta

Cara Pakai WhatsApp Tanpa Internet di Android

1. Buka aplikasi WhatsApp
2. Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas
3. Pilih Perangkat Tertaut
4. Pilih Beta multi-device
5. Ketuk Gabung ke Beta

Setelah pengguna menghubungkan perangkat pendamping, komputer atau ponsel akan mengirimkan salinan riwayat pesan terbaru ke perangkat yang baru saja dihubungkan. Dengan catatan, akun sudah terhubung dengan fitur beta multi-device

Tak perlu khawatir untuk segi keamanan karena WA mengklaim fitur tersebut mengenkripsi pesan secara end-to-end. Riwayat pesan nantinya akan disimpan pada perangkat pendamping.

Keamanan dan privasi pengguna dipastikan tetap terjaga oleh induk usaha Meta. Perusahaan yang dulunya bernama Facebook itu mengatakan hal ini dijaga melalui end-to-end encryption yang memang sudah digunakan dalam WA.

“Hal penting kami telah mengembangkan teknologi baru untuk mempertahankan end-to-end encryption sambil tetap mengelola sinkronisasi data Anda seperti nama kontak, arsip obrolan, pesan berbintang dan banyak lagi di seluruh perangkat,” ungkap Facebook.

Perlu diketahui jika telepon tidak digunakan selama lebih dari 14 hari, maka perangkat yang tertaut akan terputus. Selain itu, fitur beta multi-device juga tidak dapat bekerja pada WA versi lama.

Pengiriman pesan atau panggilan kepada pengguna lain dianggap tak akan berhasil jika penerima masih menggunakan WA versi lama. Selain itu fitur multi-device tak akan bisa bekerja pada tablet.

WA juga memberikan pengguna kemampuan untuk bisa keluar dari uji coba beta ini. Untuk Android ulang cara tadi hingga Beta Multi perangkat dan klik Keluar dari Beta. Sementara untuk iPhone, saat telah berada di Beta multi-perangkat klik Keluar dari Beta. (CNBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.