Selasa, 24 Mei 22

Wayang Ajen Sedot Perhatian Wisman

Wayang Ajen Sedot Perhatian Wisman
* Wayang Ajen. (Foto: Kementerian Pariwisata/Facebook)

Bekasi, Obsessionnews.com – Indonesia memiliki kekayaan seni budaya yang menimbulkan decak kagum masyarakat internasional. Salah satu di antaranya adalah Wayang Ajen yang mampu menyedot perhatian wisatawan mancanegara (wisman).

Pencetus Wayang Ajen adalah ki dalang Wawan Ajen alias Wawan Gunawan yang telah mendapat banyak penghargaan internasional.

Wawan membangun sanggar tersendiri. Namanya Sanggar Wayang Ajen. Lokasinya berada di kawasan Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. Di tempat ini terpajang ribuan wayang golek tradisi dan kekinian. Lengkap dengan sejumlah piagam yang didapatnya. “Rumah ini saya beli dan didesain ulang, sesuai dengan kebutuhan. Karena di sini jadi tempat tinggal sekaligus sanggar,” kata Wawan seperti dikutip Obsessionnews.com dari laman Facebook Kementerian Pariwisata, Senin (1/7/2018).

Bagian dalam Sanggar Wayang Ajen cukup unik. “Memang bentuknya, khususnya bagian dalam, cukup unik ya. Karena, ada sentuhan dan lekukan mirip masjid, karena memang terinspirasi dari bangunan Masjid Alhidayah Ciamis. Tetapi, ada juga bagian yang tradisionalnya, dengan sentuhan ornamen ukiran Jepara,” paparnya.

Wawan mengaku mendapatkan inspirasi untuk membentuk sanggarnya saat mengunjungi Prancis tahun 2002.

“Jadi beberapa waktu lalu saya mengunjungi Montpellier, Prancis. Di sana saya melihat konsep yang menarik. Yaitu bangunan menyerupai sanggar, tapi juga untuk tempat pameran dan tempat tinggal, dan bisa dijadikan sarana wisata budaya. Inspirasi ini saya ambil dari sana,” jelas Wawan yang juga Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata.

Menariknya, Wawan tidak hanya menjadikan bangunan ini sebagai sanggar. Ia memadukan tempat ini sebagai lokasi beribadah, atau madrasah Wayang Ajen, juga memproduksi Wayang Golek dengan berbagai karakter. Termasuk memperbaiki wayang yang sudah rusak.

“Ini bukan hanya sanggar dan bengkel wayang. Tapi juga berfungsi sebagai madrasah tempat beribadah, di atas bisa untuk pengajian Manqib dan berdzikir. Disini kita membuat sendiri Wayang golek untuk Pertunjukan Wayang Ajen sesuai tokoh yang kita inginkan. Termasuk memperbaiki wayang-wayang yang rusak. Di sini kita juga menciptakan tokoh-tokoh baru sesuai yang kita inginkan,” paparnya.

Asal tahu saja, koleksi di Sanggar Wayang Ajen ini sangat lengkap. Untuk tokoh pewayangan, semuanya ada. Mulai dari tokoh-tokoh Mahabarata, Ramayana dan lain-lain. Selain itu, wayang bercorak tokoh nasional pun ada. Seperti Presiden Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY, dan Joko Widodo, dan lainnya. Termasuk juga para tokoh dari Sembilan Wali, alias Wali Songo dan wayang Selebritis.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap Wayang Ajen yang mampu melestarikan budaya secara konsisten.

“Pelestarian budaya sangat penting. Karena ini juga menyangkut sejarah bangsa. Dan Wayang Ajen mampu menjaga budaya dengan baik. Bahkan, dikaitkan dengan nuansa kekinian. Hal ini harus didukung,” pungkasnya. (arh)

 

Baca Juga:

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Natuna Gelar Festival Senua 2018

Emirates Hubungkan Dubai-Bali-Auckland, Momentum Positif bagi Pariwisata Bali

Jeli Tangkap Peluang Emas, Kemenpar Promosi Wonderful Indonesia di Piala Dunia 2018 Rusia

Jalan Tol Gempol-Pasuruan Untungkan Sektor Pariwisata

NTT Akan Kembali Gelar Parade 1.001 Kuda Sandelwood

Destinasi Wisata NTT Favorit bagi Wisman

Waroeng Kemarang yang Keren Dukung Pariwisata Banyuwangi

Ridwan Hisjam Optimis Sektor Pariwisata Indonesia Terus Meningkat

Hasanah Halal Travel Fair, Upaya BNI Syariah Populerkan Pariwisata Indonesia

Ridwan Hisjam: Pariwisata Malang Berani Bersaing dengan Negara Luar

Best Achiever In Ministry Arief Yahya (Menteri Pariwisata RI)

Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Cilegon Saat Libur Lebaran

Tiap Hari Sekitar 100 Ribu Wisatawan Kunjungi Makam Sunan Ampel

Wisata Bahari Targetkan 4 Juta Wisatawan

5 Tempat Wisata di Hongkong Wajib Diserbu untuk Musim Panas yang Ceria 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.