Senin, 29 November 21

Wawali Bandung Bantu Panti Jiwa dan Psikotik

Wawali Bandung Bantu Panti Jiwa dan Psikotik

Bandung, Obsessionnews – Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial, bersama Dandim 0618/BS Letkol Inf. Agoes Hari Soewanto mengunjungi Yayasan Mentari Hati di Komplek Eks Terminal Cilembang Kel. Linggarjaya Kec. Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Jumat (14/8). Kedatangan Oded ke panti rehabilitasi sosial orang kelainan jiwa dari jalanan dan eks psikotik tersebut untuk memberikan bantuan sosial berupa bahan pokok.

“Saya didampingi Dandim dan beberapa kepala dinas ke Tasikmalaya ini untuk memberikan bantuan sosial, beberapa pasien yang dirawat di sini ada penduduk Kota Bandung dan diantaranya sudah kembali pada keluarganya,” kata Oded.

oded tasik3

Menurutnya, panti sosial ini harus dikembangkan lagi karena dapat menjadi salah satu alternatif penanggulangan masalah sosial bagi Kota Bandung, “Pengembangan tempat rehabilitasi bagi saudara-saudara kita yang kurang beruntung ini dapat menjadi alternatif, dikatakan pengurus panti ini akan dikembangkan dilahan seluas dua hektar, mudah-mudahan menjadi solusi kita,” jelasnya.

Yayasan Mentari Hati Tasikmalaya dahulu bernama Yayasan Keris Nangtung didirikan oleh Dadang Heryadi pada tahun 2008, saat ini menampung lebih dari 200 pasien di gedung berkapasitas 12 kamar, dengan hanya mengandalkan donasi panti tersebut dikelola secara swadaya.

oded tasik4

Sebagai rumah singgah, panti tersebut mengkhususkan diri untuk merawat orang-orang yang mempunyai kelainan jiwa, eks psikotik dan gelandangan melalui pendekatan kasih sayang dan memberikan pelayanan kesehatan.

“Kita rawat orang-orang ini melalui pendekatan kasih sayang, yang dahulu mereka dijauhi bahkan ditakuti kita anggap mereka merangkul mereka sebagai keluarga,” ujar Dadang.

Ia pun mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kota Bandung terhadap yayasan tersebut. “Dengan kedatangan Wakil Walikota Bandung membawa bantuan saya sangat gembira berterima kasih, dan ini merupakan kehormatan bagi kami mudah-mudahan bantuan bagi saudara-saudara kita terus berlanjut,” paparnya.

oded tasik5

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Hj Elly Wasliah mengatakan, “Kami mendampingi Bapak Wakil Walikota untuk memberikan satu ton beras dan beberapa bahan pokok lainnya untuk membantu saudara-saudara kita yang mempunyai kelainan kejiwaan,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Dinas Sosial Kota Bandung Medi Mahendra. “Dengan diberikannya bantuan kebutuhan pokok ini diharapkan untuk mempelancar proses rehabilitasi yang selama ini dilakukan oleh yayasan, kami mengucapkan terima kasih pada pada yayasan yang telah mengurangi beban permasalahan sosial pemerintah Kota Bandungl,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.