Jumat, 26 April 24

Waspada Corona, Salat Jumat Masjid Agung Solo Dipercepat

Waspada Corona, Salat Jumat Masjid Agung Solo Dipercepat
* Masjid Agung Solo. (Foto: Kabar Solo)

Solo, Obsessionnews.com –  Kota Solo, Jawa Tengah, termasuk wilayah yang mendapat perhatian khusus terkait wabah corona, sebab ada satu warganya yang dikabarkan meninggal karena virus itu. Untuk itu seluruh pihak bergerak melakukan upaya pencegahan. Tak terkecuali di lingkungan ibadah Masjid Agung Solo.

Pengelola Masjid Agung Solo telah memberlakukan sejumlah aturan untuk mencegah penyebaran virus corona. Sekretaris Masjid Agung Solo Abdul Basit mengatakan, khatib dan imam salat Jumat diminta mempersingkat waktu. Antara lain dengan menyampaikan khotbah-khotbah pendek.

“Untuk salat Jumat berlangsung, khatibnya sama imamnya kita minta lebih singkat dari biasanya,” kata Abdul Basit dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/3/2020).

Tidak hanya itu, pengelola Masjid Agung juga telah menggulung karpet masjid. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Penggulungan karpet dilakukan sejak adanya edaran dari Kementerian Agama. Jemaah yang beribadah diimbau membawa dan menggunakan sajadah sendiri.

“Jemaah lebih baik membawa sajadah sendiri,” katanya.

Pihak pengelola juga lebih meningkatkan kebersihan dengan menambah jadwal mengepel lantai. Diimbau tak berjabat tangan. Ia menambahkan, jemaah diimbau tak berjabat tangan sementara waktu hingga situasi kondusif.

“Ditiadakan salaman,” ungkap dia.

Hal tersebut diterapkan lantaran jabatan tangan dapat menjadi salah satu sumber penularan Covid-19. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.