Selasa, 19 Oktober 21

Warga Mimika Diambil Sampel Darah untuk Cegah Malaria

Warga Mimika Diambil Sampel Darah untuk Cegah Malaria

Timika, Obsessionnews – Tim Malaria Center mengambil sampel darah untuk pemeriksaan kemungkinan penyebaran penyakit malaria terhadap warga di Kabupaten Mimika, Papua. Pengambilan sampel darah dilakukan di beberapa tempat berbeda.

Pantauan Obsessionnews di komplek Irigasi Jalan Hasanuddin RT 1, kota Timika tim Malaria Center yang terdiri dari lima orang sibuk melayani warga yang datang. Tim membagi tugas, dua orang melakukan pengambilan sampe darah, satu orang melakukan edukasi, sedangkan dua lainnya melakukan penyemprotan rumah warga.

Jodi Zonggonau, sebagai edukator mengatakan seluruh sampel darah warga setelah diambil akan langsung dibawa ke Puskesmas Mimika untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Bila hasil pemeriksaannya positif, maka akan dilakukan tindakan penanganan lanjutan.

“Kemudian ada nomor yang tertera disitu nanti kalau ada yang positif kita akan hubungi mereka,” ujar Jodi saat di wawancara wartawan, Kamis (19/3/2015).

Warga secara sukarela mendatangi lokasi pengambilan sampel darah, satu persatu mereka diperiksa oleh perawat. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga ikut terlibat.

“Antusias dari masyarakat, mereka sangat senang, bersyukur dan berterima kasih kepada kita karena ini sangat baik,” akui dia.

Sejak penyakit malaria meningkat di kabupaten Mimika, memunculkan rasa kepedulian bersama. Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) bekerjasama dengan PT Freeport dan Dinas Kesehatan membentuk Malaria Center.

Dari Januari hingga Desember 2014 Malaria Center telah melakukan penyemprotan 24.037 rumah. Lembaga ini juga melakukan pemasangan 64.146 lembar kelambu ke rumah-rumah masyarakat. Sambil membagikan, tim melakukan sosialisasi cara mencegah penyakit malaria. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.