Senin, 29 November 21

Warga Makassar ‘Ngabuburit’ Sambil Lihat Al-Quran Raksasa

Warga Makassar ‘Ngabuburit’ Sambil Lihat Al-Quran Raksasa
* Al-Quran berukuran raksasa berada di Masjid Raya Makassar.

Makassar, Obsessionnews.com – Warga Makassar memiliki tradisi ‘ngabuburit’ yang unik. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, warga Makassar banyak yang singgah ke Masjid Raya Makassar di Jl Veteran Utara, untuk melihat Al-Quran berukuran raksasa.

Warga pengunjung dapat melihat Al-Quran dengan ukuran 1×1,5 meter dan memiliki berat 584 kilogram itu di lantai 2 masjid. Kitab suci raksasa ini resmi menjadi koleksi Masjid Raya Makassar sejak 26 Agustus 2009.

Al-Quran yang merupakan wakaf dari Aksa Mahmud, ipar Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, itu konon dibeli seharga seharga Rp350 juta dan menjadi Al-Quran terbesar pertama yang ada di Indonesia timur saat ini.

Di Indonesia, koleksi Masjid Raya Makassar itu merupakan Al-Quran berukuran raksasa keenam yang ada di Indonesia. Al-Quran tersebut dipesan khusus dari Yayasan Al Asy’ariah Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah. Pembuatnya adalah KH Ahmad Faqih Muntaha bersama santrinya.

Laiknya Al-Quran pada umumnya, tulisan ayat-ayat suci itu terangkum dalam 30 juz dengan 605 lembar. Salah satu yang istimewa dari Al-Quran tersebut adalah tintanya yang berasal dari bak tinta China serta cairan air teh kental yang menghasilkan warna emas dan hijau pada hiasan di setiap halaman.

Menurut Imam Masjid Raya Makassar, Muhammad Syahrir, pengurus masjid membuka kesempatan kepada warga yang ingin melihat langsung Al-Quran raksasa itu.

Sementara untuk menjaga keawetan kertas, umur, dan kualitas kitab suci, pengurus masjid wajib membersihkannya sebulan sekali. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.