Rabu, 24 April 24

Warga Bandung Tolak Banjir!

Warga Bandung Tolak Banjir!
* Wakil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial.

Bandung, Obsessionnews.com – Bandung yang akhir-akhir ini sering diguyur hujan lebat dan tergenang banjir merupakan salah satu kendala yang hanya bisa di tangani dengan kolaborasi bersama antara pemerintah dan unsur masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Walikota Bandung Oded Muhammad Danial saat melaksanakan monitoring pada kegiatan kebersihan GPS (Gerakan Pungut Sampah) dan bazaar warga di Lapangan RW 04 Jl Anyer Kelurahan Kebonwaru Kecamatan Batununggal , Minggu (20/11).

Selepas melaksanakan Subling (Subuh Keliling) di Kelurahan Hegarmanah, Wakil Walikota Bandung yang akrab di sapa Mang Oded ini langsung mengunjungi Warga RW 04 Kelurahan Kebonwaru untuk melaksanakan monitoring PIPPK (Program Inovasi Percepatan Pembangunan Kewilayahan) Bandungku Bersih sekaligus berbagi aspirasi dengan warga.

“Apabila semua RW di Kota Bandung melaksanakan kegiatan rutin seperti ini saya yakin masalah banjir yang akhit akhir ini melanda Kota Bandung bisa ditekan,” ujar mang Oded seraya menggendong salah seorang cucu warga.

Mang Oded juga mengingatkan pada warga bahwa Banjir yang sering terjadi akhir akhir ini dikota Bandung diakibatkan 3 hal.

“Banjir yang sering terjadi dikarenakan 3 hal pokok yang harus ditangani dengan segera ,yaitu Sampah, Drainase yang terhalang dan Limpahan serapan air dari KBU (Kawasan Bandung Utara) karena sudah tidak optimal penyerapannya karena sudah banyak bangunan,” tegas Oded.

Lebih lanjut Mang Oded juga memaparkan pada warga bahwa sampah adalah masalah yang terlihat sepele tapi berdampak sangat besar apalagi bila terkait dengan masalah drainase yang terhalangi oleh akses warga.

“Selama warga masih membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai ini akan terus menjadi penghambat bagi air hujan untuk mengalir , apalagi dengan banyaknya drainase yang terhalangi oleh jalan masuk ke bangunan sudah pasti daya salur air akan mengecil dan mengakibatkan banjir,” jelasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut Mang Oded dengan sangat gamblang mengingatkan warga agar sangat memperhatikan 3 faktor tersebut agar bila terjadi hujan besar tidak terjadi banjir lagi.

“Saya mengingatkan masalah sampah warga harus benar benar turun tangan dan kolaborasi dengan Pemerintah , sedang masalag Drainase kita (Pemerintah Kota Bandung) sudah menginventarisir serta melakukan pembongkaran pada Jalur jalur akses yang menghalangi drainase ,” ujarnya.

Berkaitan dengab KBU Mang Oded memaparkan Pemerintah Kota Bandung telah melakukan Kolaborasi serta Melaksanakan ketjasama dengan Pemerintah Kota/Kabupaten yang berbatasan dengan Wilayah KBU untuk melaksanakan tindakan preventif terhadap resiko Banjir.

“Kita selain mengajak warga KBU untuj disiplin sampah kita juga menindak tegas pada warga atau perusahaan mendirikan yang mendirikan bangunan di KBU karena pada dasarnya KBU itu daerah resapan dab pembangunan disana diatur undang undang yang ketat,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.