Rabu, 21 Oktober 20

Warga Antusias Nonton Kirab Taruna Akmil

Warga Antusias Nonton Kirab Taruna Akmil

Magelang – Kirab Taruna Akademi Militer (Akmil) biasanya dilaksanakan untuk pamitan para taruna tingkat IV yang akan dilantik dan meninggalkan Lembah Tidar. Namun Kirab Taruna kali ini, Minggu (25/1/2015), dalam rangka memperingati Hari Bakti Taruna, sekaligus menyambut kedatangan para taruna tingkat I di Lembah Tidar. Setelah upacara di alun-alun Kota Magelang, para taruna berjalan kaki kemudian menuju ke Jalan Pemuda, Jalan Tidar dan Jalan Gatot Subroto Magelang dan terakhir kembali ke kesatrian Akmil.

Kirab Taruna yang diiringi drum band Genderang Seruling Canka Lokananta (GSCL) Akmil menambah meriah Kota Magelang, berjalan sembari menabuh bass drum dan meniup terompet. Dan yang ditunggu-tunggu warga Magelang adalah macan Tidarnya. Pasukan yang berseragam putih biru dan berseragam loreng seperti macan menjadi pusat perhatian masyarakat yang menonton.

Dengan dua penata rama (mayoret drum band) para pasukan drum band menampilkan atraksinya. Kedua penata rama tampak piawai mengatur barisan dan melempar tongkat sembari berjalan. Sementara di deretan belakang penata rama adalah pasukan bass drum dan musik tiup dengan seragam putih birunya, diikuti pasukan macan Tidar dengan menabuh bass drum ukuran besar.

Ganu Ardi, warga Magelang yang mengajak keluarganya menonton atraksi ini, mengatakan kirab Taruna Akmil yang setiap tahunnya sangat menghibur warga terutama anak-anak. “Keponakan saya sangat senang jika saya ajak menonton kirab taruna ini. Taruna memainkan drum band dengan lincah. Bisa juga nantinya keponakan saya besarnya menjadi seperti mereka,” ujarnya kepada Obsessionnews.com.

Warga pun tampak berkerumunan sepanjang tepian jalan dari alun-alun hingga menuju Lembah Tidar Akmil. Mereka sangat antusias adanya perayaan seperti ini. (Anissa Nurul Kurniasari)

Related posts