Minggu, 26 Juni 22

Wapres : Kepala Daerah Harus Rajin Blusukan

Wapres : Kepala Daerah Harus Rajin Blusukan

Wakil Presiden, Boediono (ist).

Hasan S

Jakarta- Aksi blusukan yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) ke kampung- kampung mendapat pujian dari Wakil Presiden Boediono. Mantan Gubernur BI ini sangat mengharapkan Kepala Daerah, baik Gubernur, Bupati maupun Walikota dapat melakukan hal yang sama, tidak hanya menerima begitu saja laporan dari bawahan mengenai kondisi daerahnya.

“Dan saya kira, Gubernur DKI (Jakarta) benar, harus blusukan ke lapangan untuk memperoleh informasi yang benar. Mengecek di lapangan ini sangat penting,” ujar Wapres saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) IV Tim Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2013 di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Wapres menyambut baik adanya program-program yang berpihak pada kelompok miskin, baik program pusat di daerah, maupun program yang merupakan program pemerintah daerah. “Di pusat, program Jamkesmas, Raskin, BSM adalah program dari monitoring kelompok miskin tadi,” ujar Wapres. Program-program itu setelah berjalan, harus terus dimonitor para pengelola daerah sejak awal agar tepat sasaran.

Dalam cara itu Wapres memberikan penghargaan kepada TPID dengan kinerja terbaik tahun 2012 kepada Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk Kawasan Wilayah Timur Indonesia, Provinsi Sumatera Utara untuk wilayah Sumatera, dan Provinsi Jawa Barat untuk wilayah Jawa. Sedangkan kota dengan TPID terbaik adalah Kota Balikpapan untuk wilayah KTI, Kota Medan untuk wilayah Sumatera, dan Kota Cirebon untuk wilayah Jawa.

Turut hadir mendampingi Wapres, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Pertanian Suswono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Tema dari RAKORNAS IV TPID Tahun 2013 adalah Memperkuat Kerjasama Daerah untuk Meningkatkan Perekonomian Domestik dan Menjaga Stabilitas Harga untuk Kesejahteraan Masyarakat. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.