Minggu, 28 Februari 21

Wapres Imbau Penyintas Covid-19 Suka Rela Jadi Pendonor Plasma Konvalesen 

Wapres Imbau Penyintas Covid-19 Suka Rela Jadi Pendonor Plasma Konvalesen 
* Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen di Jakarta, Senin (18/1/2021). (Foto: Kemenko PMK)

Jakarta, obsessionnews.com –  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen didampingi sejumlah menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan pejabat terkait lain baik yang hadir secara daring maupun luring di kediaman Wapres dan kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta, Senin (18/1/2021).

 

Baca juga:

Cegah Angka Kematian Covid-19, Pemerintah Bakal Canangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

Pasien yang Sembuh dari Covid-19 Diminta Donorkan Plasma Konvalesen

Muhadjir Imbau Para Penyintas Covid-19 yang Telah Sembuh Lakukan Donor Plasma Konvalesen

 

Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya para penyintas Covid-19, agar mau mendonorkan plasma konvalesen kepada pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasalnya, merujuk data, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 pada awal tahun 2021 terus meningkat bahkan seiring meningkatnya jumlah pasien dengan gejala sedang sampai berat yang dirawat di rumah sakit.

 

Namun, fakta tersebut belum diimbangi ketersediaan tempat tidur di RS Rujukan Covid-19 yang sangat minim, ruang perawatan ICU yang penuh, serta ruang isolasi dan alat ventilator yang juga masih kurang.

 

Wapres pun menekankan apabila hal itu tidak ditangani dengan cepat dan tanggap maka akan semakin mempersulit proses penyembuhan, memperpanjang lama rawat inap, dan meningkatkan mortalitas akibat Covid-19 di Indonesia.

 

“Untuk itu saya mengimbau dalam situasi apapun, kita harus selalu siap sedia untuk menolong sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan kita  masing-masing. Bagi para penyintas Covid-19 untuk siap sedia secara suka rela menjadi pendonor plasma konvalesen  apabila menurut hasil pemeriksaan dokter memenuhi persyaratan,” ujar Wapres.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.