Minggu, 25 Oktober 20

Wanita Hamil Terserang Corona, Apakah Berdampak Pada Bayi?

Wanita Hamil Terserang Corona, Apakah Berdampak Pada Bayi?
* Perempuan hamil. (Foto: NAF)

Jakarta, Obsessionnews.com – Virus corona menjadi perhatian serius semua pihak. Banyak yang khawatir virus ini menyerang dirinya karena dikenal berbahaya dan mematikan. Lantas bagaimana jika yang terserang wanita hamil, apakah berdampak pada bayinya?

Dalam sebuah studi yang dilakukan The Lancet, berjudul “Karakteristik klinis dan potensi penularan vertikal intrauterin dari infeksi Covid-19 pada sembilan wanita hamil: tinjauan retrospektif dari catatan medis.” disimpulkan wanita hamil yang terserang corona tidak berdampak pada bayinya.

Karena dari hasil penelitian itu, tidak satupun dari 9 wanita yang terinfeksi Covid-19 menularkan virus ke bayi mereka. “Bayi yang baru lahir tampaknya selamat dari penyakit terburuk,” ujar Michael Mina, asisten profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Umum Universitas Harvard, Boston, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Medscape, Senin (9/3/2020)

Para ilmuwan tidak mengetahui pasti faktor mengapa bayi penderita virus corona tidak tertular ibunya. Padahal biasanya, sakit yang diderita sang ibu memengaruhi janin yang dikandungnya.

Mina berasumsi, bisa jadi tubuh anak-anak lebih mampu menangani dampak virus, atau mungkin mereka memiliki kekebalan dari infeksi virus tersebut, atau virus tidak bereplikasi dengan baik di dalam tubuh sang bayi.

Sementara itu, studi The Journal of American Medical Association yang meneliti 45.000 kasus pertama di China menemukan bahwa hanya 1 persen anak-anak usia 1-9 tahun di China yang terinfeksi virus corona, 1 persen lainnya berusia 10-19 tahun dan tanpa kematian.

Kemudian, 8 persen orang yang berusia 70-an tahun dan hampir 15 persen dari mereka yang berusia 80 tahun ke atas, meninggal dunia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.