Minggu, 31 Mei 20

Wamenag Zainut: Siskohat Memberikan Kepastian dan Keadilan kepada Semua Calon Jemaah Haji

Wamenag Zainut: Siskohat Memberikan Kepastian dan Keadilan kepada Semua Calon Jemaah Haji
* Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi. (Foto: dok. pribadi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menunaikan ibadah haji tentu merupakan obsesi umat Islam. Namun, diperlukan kesabaran untuk berangkat ke tanah suci karena terbatasnya kuota haji.

Sering kali muncul pertanyaan di kalangan masyarakat apakah yang mendapat jatah berangkat ke tanah suci misalnya tahun 2032 dapat diupayakan dimajukan keberangkatannya pada tahun 2021?

Bagaimana respons Kementerian Agama tentang keinginan masyarakat tersebut?

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi memberikan jawaban. “Tidak bisa, karena semuanya sudah menggunakan Siskohat (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu ),” kata Zainut ketika dihubungi obsessionnews.com via WhatsApp, Sabtu (28/3/2020).

Zainut menjelaskan, Siskohat merupakan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang meliputi seluruh proses haji dari mulai pendaftaran, pembatalan, pelunasan dan terkait dengan masalah haji lainnya, sehingga dapat memberdayakan untuk validitas data. Dan karena sudah terbentuk dalam sebuah sistem, tentu tidak dapat melakukan kebohongan,” tuturnya.

Ia menegaskan, hal ini semata-mata untuk memberikan kepastian dan keadilan kepada semua calon jemaah.

Zainut mengungkapkan, Sikohat mengalami pengembangan baik pada aspek pencatatan keuangan atas pendaftaran, pelunasan dan pembatalan haji.

Siskohat juga berintegrasi dengan seluruh sistem penerbangan haji baik yang menyangkut pembentukan pramanifest, perbankan dalam hal mutasi keuangan dan pastinya terhubung dengan seluruh bidang haji provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.