Rabu, 24 April 24

Wamenag Resmikan Pembukaan Kembali Bayt Al-Qur’an TMII

Wamenag Resmikan Pembukaan Kembali Bayt Al-Qur’an TMII
* Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainut Tauhid Sa'adi meresmikan pembukaan kembali Layanan Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (6/7/2020). (Foto: dok. Zainut Tauhid)

Dia juga menekankan, bahwa selain menjaga kesahihan teks Al-Qur’an, hal yang pentingnya adalah menghadirkan pemahaman Al-Qur’an yang moderat (washatiyah).  LPMQ bisa menjadi garda utama dalam mensosialiasikan prinsip-prinsip moderasi dalam beragama melalui literasi Al-Qur’an dengan menggiatkan kajian-kajian Al-Qur’an yang sistematis agar nilai-nilai Al-Qur’an senantiasa hidup dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat muslim Indonesia.

Zainut mengharapkan Bait Al-Qur’an dan Museum Istiqlal tidak hanya sebagai sarana untuk menyimpan koleksi-koleksi Al-Qur’an, tetapi bisa menjadi sarana rekreasi dan edukasi Al-Qur’an, dan tidak kalah saing dari museum-museum yang lain.

“Jika perlu dilakukan modernisasi sehingga lebih menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya, termasuk peningkatan layanan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi sesuai dengan era internet kini. Sehingga layanan dari BQMI dapat memanifestasikan berkah dari Al-Qur’an dalam terus mendukung berkembangnya umat Islam yang memiliki kesalehan personal sekaligus kesalehan sosial,” tuturnya.

Zainut juga mengatakan, pembukaan layanan Bayt Al-Qur’an dengan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 di era normal baru diharapkan dapat memastikan segala aktivitas di BQMI berjalan dengan baik, masyarakat pecinta Al-Qur’an dapat terlayani dengan kesehatan mereka tetap terjaga.

Menurut Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kemenag Muchlis M Hanafi, yang turut mendampingi Wamenag pada kegiatan ini, BQMI TMII selama ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di DKI Jakarta. Banyak pelajar dan peneliti yang berkunjung untuk belajar dan meneliti terkait perkembangan pentashihan dan pengkajian Al-Qur’an di Indonesia. Terhitung sejak 1 Januari 2020 hingga 15 Maret 2020 tidak kurang dari 23.200 orang telah berkunjung ke BQMI. (arh)

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.