Kamis, 26 Mei 22

Walikota Bandung Hadiri 11 Tahun Bencana Tsunami

Walikota Bandung Hadiri 11 Tahun  Bencana Tsunami

Bandung, Obsessionnews -‪ Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil menghadiri rangkaian peringatan 11 tahun bencana tsunami yang melanda Aceh 26 Desember 2004 silam.‬

Puncak tertinggi ‪gelombang dashyat tsunami yang mencapai 30 meter akibat gempa bumi di samudera hindia melululuhlantakan Kota Serambi Mekah dengan menewaskan 127 ribu warga dan 90 ribu orang hilang, juga ditambah 230 ribu orang korban di 14 negara membuat warga masih berduka.‬

‪Peringatan yang bernuansa islami itu dimulai dari pemasangan bendera setengah tiang, tahlil dzikir, do’a dan tabur bunga di kuburan massal Ulee Lheue, dilanjutkan seremonial dan pemutaran video, seminar di gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

‪Usai sambutan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, Ridwan Kamil bersama dan Wali Kota Bogor Bima Arya serta Rektor Unsyiah Samsul Rizal mengisi seminar nasional bertema “Pembangunan Berkelanjutan Dalam Rangka Peringatan Tsunami”‬.

‪Dikatakan Ridwan arah pembangunan banda aceh sudah tepat fokus pada perbaikan infrastruktur ditambah pendidikan, karena infrastrukturlah yang akan mengkoneksikan ekonomi baru, seperti di tiongkok membangun infrastruktur dulu baru kemudian peradaban akan mudah menggerakan pertumbuhan ekonomi.

‪”Juga pendidikan, infrastruktur hebat tanpa diimbangi pendidikan akan banyak kemubaziran, karena manusianya belum siap, kombinasi ini menjadi saran saya untuk arah pembangunan Kota Banda Aceh,”‬ tegas Ridwan.

‪Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, jelasnya suatu kota harus menjadi kota yang terbuka.

“Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi tidak bisa hanya mengandalkan populasi setempat, tapi undanglah orang-orang dari luar yang berguna, terpilih, mempunyai karya, profesional sehingga pertumbuhannya belipat-lipat, bukan zamannya lagi daerah terlalu eksklusif menutup diri sehingga nantinya menjadi bumerang,”‬ tegasnya.

‪Kegiatan Wali Kota Bandung dilanjutkan menjadi narasumber di Aula Politeknik Aceh Pango Raya bersama DPRK Banda Aceh Irwansyah dan Dosen Unsyiah Iskandarsyah Madjid mengisi talkshow yang bertema “Pengembangan Kota Kreatif Bersama Komunitas”. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.