Sabtu, 23 Oktober 21

Wali Nanggroe Aceh‎ Sematkan Jokowi Kopiah Kebesaran Teuku Umar

Wali Nanggroe Aceh‎ Sematkan Jokowi Kopiah Kebesaran Teuku Umar

Banda Aceh, Obsessionnews – Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana disambut upacara adat Peusijuk dan Teumeutok oleh Wali Nanggroe Aceh Tengku Malek Mahmud Al Haitar. Kedatangan Jokowi ke Aceh dalam rangka kunjungan kerja.

Dalam acara Peusijuk dan Teumeutok Jokowi disematkan Siwaih dan Kupiah Meuketop sebagai tanda kehormatan. Acara penyematan berlangsung di Ruang adat Meuligo, kantor Gubernur Aceh Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, Banda Aceh, Senin (9/3/2015).

Kupiah Meukutop atau topi tradisional adat Aceh merupakan lambang adat Aceh. Biasanya digunakan sebagai pelengkap pakaian adat Aceh yang dikenakan kaum pria. Baik untuk upacara-upacara adat resmi, maupun untuk kegiatan yang bersifat seremonial lainnya.

Kupiah Meukutop terbuat dari kain yang memiliki warna dasar merah dan kuning. Kain tersebut kemudian dirajut jadi satu, berbentuk lingkaran. Pinggiran bawah kupiah, terdapat motif anyaman yang dikombinasikan warna hitam, hijau, merah dan kuning. Anyaman serupa juga terdapat di bagian tengah, yang dibatasi lingkaran kain hijau di atasnya dan kain hitam di bawah.

Kupiah meukeutop bagi masyarakat Aceh tak hanya bernilai dari segi adat, tapi juga penuh dengan nilai sejarah. Secara historis, kupiah meukeutop lebih diindentikkan dengan topi kebesaran yang sering dipakai Teuku Umar, pahlawan nasional asal Aceh.

‎Sedangkan Siwaih adalah senjata tajam sejenis dengan rencong yang juga merupakan senjata untuk menyerang. Bentuknya hamper sama dengan rencong tetapi siwaih ukurannya melebihi dari rencong. Siwaih sangat langka ditemui, selain harganya mahal, juga merupakan bahgian dari perlengkapan raja-raja atau ulebalang-ulebalang.

Namun demikian untuk siwaih yang telah diberikan hiasan emas dan permata pada sarung dan gagangnya lebih berfungsi sebagai perhiasan dari pada sebagai senjata.

‎Setelah menghadiri acara Peusijuk dan Teumeutok‎, Presiden Jokowi langsung ‎menuju Paya Bakong, Aceh Utara untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Waduk Keureutoe. Setelah itu, siang harinya Jokowi akan meninjau PT Arun, sebelum menuju Sabang. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.