Minggu, 25 Oktober 20

Wali Kota Tangsel: Bangun Kota Cerdas Tidak Harus Mahal

Wali Kota Tangsel: Bangun Kota Cerdas Tidak Harus Mahal
* Airin Rachmi Diany.

Jakarta, Obsessionnews.com – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Airin Rachmi Diany mengatakan, kota cerdas atau smart city adalah harapan semua kepala daerah, dan untuk mewujudkan tidak harus menguras APBD.

Menurutnya caranya bisa mengajak kerja sama dengan perusahaan swasta melalui dana corporate social responsibility (CSR), anggaran juga dapat diperoleh melalui sumbangan.

“Contoh Prabumulih. Dia (Wali Kota) berhasil mengajak mendorong partisipasi dari para pegawai negeri mengumpulkan uang untuk bisa membangun bedah rumah tanpa dana APBD dan dana CSR,” kata Airin saat pembukaan acara Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Selain itu kata dia bisa juga dengan menggandeng generasi milenial yang memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi untuk membangun jaringan guna menunjang pelayanan sosial.

“Dengan begitu anggaran yang harus dikeluarkan pemda untuk biaya konsultasi dapat dihemat, ” tuturnya.

Airin menuturkan, dalam konsep smart city, ada lima hal yang harus dipenuhi yakni smart people, smart living, smart environment, smart economy, dan smart governance. Menurutnya, Kelima aspek tersebut harus terintegrasi satu dengan yang lainnya dengan baik, melalui sistem Informasi dan Teknologi (IT).

“Intinya adalah bagaimana teknologi informasi komunikasi mempercepat proses pelayanan terhadap masyarakat. Bagaimana dengan teknologi dan inovasi tugas kami pemerintah memberikan pelayanan terbaik, baik kebutuhan dasar dan lainnya,” ujar dia.

Sejauh ini, menurut Airin, sudah ada beberapa kota yang cukup berhasil dalam menerapkan sistem smart city, seperti Surabaya yang dipimpin oleh Tri Rismaharini. Ia berharap agar kota-kota yang menerapkan sistem smart city dapat bertambah pada tahun ini. (Albar).

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.