Jumat, 29 Oktober 21

Wali Kota Makassar Ilham Arief Divonis 4 Tahun Penjara

Wali Kota Makassar Ilham Arief Divonis 4 Tahun Penjara
* Ilham Arief.

Jakarta, Obsessionnews – Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjatuhkan vonis 4 tahun penjara dan denda Rp 100 juta terhadap Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Majelis menyatakan apabila terdakwa tidak sanggup membayar denda, maka dapat diganti dengan kurungan 1 bulan.

“Terdakwa telah terbukti meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama,” ujar Ketua Majelis hakim Tito Suhud saat membacakan putusan, di Jakarta, Senin (29/2/2016).

Ilham duduk di kursi pesakitan sebagai dakwaan kasus korupsi terkait kerja sama kelola dan transfer instalasi perusahaan daerah air minum (PDAM) di Makassar tahun 2007-2013.

Ilham dinilai telah mengarahkan direksi PDAM untuk menunjuk perusahaan tertentu memerintahkan melakukan pembayaran air curah yang tidak dianggarkan dalam rencana kerja anggaran PDAM dan meminta untuk melanjutkan kerja sama rehabilitasi operasi dan transfer (rot) instalasi pengolahan air (ipa) 2 panaikan.

Ilham juga dianggap telah memperkaya diri sendiri sebesar Rp 5,5 miliar dan memperkaya direktur PT Traya (alm) Hengky Widjaja sebesar Rp 40,33 miliar yang seluruhnya bersumber dari selisih penerimaan pembayaran dan pengeluaran riil PT Traya Tirta Makassar. Total kerugian keuangan negara dalam kasus ini mencapai Rp 45,8 miliar.

Atas perbuatannya dia diganjar melanggar pasal 3 jo pasal 18 UU no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke 1 jo pasal 64 (1) KUHP. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.