Kamis, 26 Mei 22

Wali Kota Bandung Pantau Dinas-Dinas yang Terindikasi Korupsi

Wali Kota Bandung Pantau Dinas-Dinas yang Terindikasi Korupsi

Bandung, Obsessionnews – Walikota Bandung Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan, Ketua KPK Taufiequrachman Ruki dan Menko Polhukam Luhut Panjaitan menghadiri pembukaan festival hari anti korupsi (HAKI) di Sabuga Bandung, Kamis (10/12/2015).

Festival tersebut dihadiri pula  lembaga-lembaga negara dengan ‪mendirikan booth. Kota Bandung menyumbangkan Inspektorat dan BPPT.
Dipilihnya kedua lembaga tersebut, menurut Ridwan Kamil, adalah mewakili reformasi dinas di Pemkot Bandung.

BPPT sudah mengeluarkan 6000 izin selama enam bulan dirilis online. Sedangkan untuk Inspektorat, menurutnya dinas tersebut ada reformasi pengawasan. Sehingga tahun lalu, Pemkot Bandung mendapatkan penghargaan KPK anti gratifikasi.

a-haki 02

Selain itu, jelasnya, juga dalam hari anti korupsi ini akan ada pembentukan forum pemantau zona intergritas. Nantinya masyarakat dan ahli-ahli di Bandung akan masuk kedalam lembaga yang diberikan SK oleh Walikota Bandung.

“Di situ saya beri wewenang, untuk melakukan pemantauan dan pelaporan di dinas-dinas jika ada pelanggaran menjurus korupsi,” ujar Ridwan Kamil.

Untuk Penyelenggaraan acara sendiri, ia mengaku cukup puas karena partisipasi warganya yang luar biasa. Ada 38 acara yang diselenggarakan di beberapa tempat di Kota Bandung.

a-haki 03

Acara tersebut seperti seminar, membuat film, acara teatrikal dan lainnya. “Semua orang ingin berpartisipasi, sehingga top of mind-nya tentang anti korupsi tidak dilingkungan pejabat, tapi di anak-anak sekolah juga,” ungkapnya.

Selain itu ada 3000 kelas untuk mengedukasi dan membuat komitmen tentang anti korupsi.

Kemudian, jelasnya  ada 151 Kelurahan di Kota Bandung juga ikut berpartisipasi. “Jadi seluruh mata angin di Bandung poinnya tentang anti korupsi. Sehingga nantinya bermuara pada perilaku menghindari ‬korupsi,” tandasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.