Selasa, 19 Oktober 21

Wali Kota Bandung Keluarkan Kocek Pribadi Perbaiki Rumah Warga

Wali Kota Bandung Keluarkan Kocek Pribadi Perbaiki Rumah Warga
* Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama warga.

Bandung,  Obsessionnews – Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil meninjau ke rumah Ibu Lia di Jl. Sriwijaya, Gg. Babakan Priangan I, No 12 RT 06 RW 01, Bandung, Rabu (16/3/2016). Hal tersebut dilakukan, terkait perbaikan rumah tersebut yang hampir selesai.

Sebelum diperbaiki, rumah yang dihuni dua keluarga terdiri dari 13 orang tersebut kondisinya sangat memprihatinkan dengan bagian dalam dan luar rumah sudah hampir ambruk.

Dana perbaikan rumah tersebut berasal dari kantong pribadi wali kota dan bantuan dari Lurah dan Camat setempat serta warga sekitar. “Karena ini bukan tanah milik sendiri, pemerintah tidak bisa ikut membantu., itu aturannya, tetapi karena Ibu itu warga saya, jadi saya bantu,” tutur Ridwan.

Ridwan kamil - warga 2

Ridwan menambahkan, bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) reguler (bantuan pemerintah) memiliki syarat yang meliputi warga miskin kota Bandung, tanahnya milik sendiri, belum pernah menerima bantuan Rutilahu, bersedia berpartisipasi biaya atau tenaga (secara kelompok swadaya masyarakat), bersedia memelihara sedikitnya dalam 5 tahun dan mengajukan permohonan bantuan.

Ke depannya, warga yang tidak mampu dan tinggal di lahan Pemkot akan direlokasi ke apartemen rakyat yang lokasinya tersebar di sekitar 13 apartemen rakyat seperti Rusunawa Rancacili, Cingised, Paldam, Kiara Condong, Sadang Serang dan Nyengseret.

Tentu saja dengan persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk data penanganan perbaikan rumah di kota Bandung, tercatat dari tahun 2013 sampai 2015 penanganan berjumlah 2.023 unit dengan jumlah Rutilahu yang terdata sebanyak 4.432 unit (data 30 September 2015).

Ridwan kamil - warga 3

Sumber dana penanganan berasal dari APBD I, APBD II, dan APBN (PNPM dan BSPS).

Sedangkan untuk penanganan jenis reguler tahun 2016 berjumlah 1.480 unit, waktu pelaksanaan dari bulan Mei sampai November 2016, dan sumber dana berasal dari APBD Kota Bandung.

Setelah meninjau rumah tersebut Wali Kota Bandung menyempatkan untuk melihat SMP terbuka yang ada di daerah tersebut dan menyapa warga serta melayani keinginan warga untuk berfoto bersama. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.