Kamis, 9 Desember 21

Walau Sakit, 2 Siswa Tetap Ikut UN

Walau Sakit, 2 Siswa Tetap Ikut UN
* Kegiatan UN berbasis komputer di SMKN 1 Subang di Hari pertama

Subang, Obsessionnews – Meski dalam kondisi perlu perawatan, 2 orang siswa SMA 3 Subang mengikuti ujian Ujian Nasional (UN). Menurut panitia pelaksana, Zulkifli, M.Pd keduanya datang didampingi olah orang tua dan perawat ke sekolah dengan menggunakan kursi roda. “Sebelumnya kami sudah menyiapkan (untuk mereka) ujian di rumah sakit. Namun termotivasi oleh teman dan keluarganya akhirnya mengikuti ujian di sekolah,” jelasnya kepada Obsessionnews.com, Senin (13/5/2015).

Kedua siswa tersebut ialah Ade Anjasmara kelas XII IPA 1 tengah menjalani perawatan karena kecelakaan lalu-lintas dan Siska Marfu’ah kelas XII IPA 3 menderita typus. Walaupun harus diinfus keduanya tetap semangat mengikuti UN.

Di hari pertama Ujian Nasional (UN) berbasis dengan komputer (computer base test/CBT) yag berlangsung di Subang Jawa Barat hanya di SMKN 1 Subang yang beralamat di Jl. Arief Rahman Hakim Subang. Adapun jumlah peserta UN berbasis komputer diikuti oleh 525 orang menggunakan 9 ruangan dengan dibagi 3 shift.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kab Subang, Drs. HE. Kusdinar penyelenggaraan CBT harus memenuhi persyaratan salah satunya ialah antara jumlah komputer dengan jumlah siswa harus 1 banding 3 atau 1 komputer untuk 3 orang siswa. “Sedangkan baru SMKN 1 yang bisa memenuhi syarat tersebut,” ujarnya kepada wartawan.

Kepala Dinas Pendidikan saat melihat Kegiatan UN Hari Pertama
Kepala Dinas Pendidikan saat melihat Kegiatan UN Hari Pertama

Di Subang, baru satu sekolah yang siap karena di sekolah lain medianya (perangkat kompter) kurang. “Harus 1 banding 3, yaitu 1 komputer untuk 3 siswa. Manakala kurang kita tidak bisa mengikuti,” jelasnya. Secara keseluruhan antara keberadaan komputer dengan jumlah siswa hingga sekarang baru mencapai angka kisaran 1 banding 5 sampai 1 banding 5.

Kali ini merupakan uji coba. Mana kala sudah siap akan diterapkan secara keseluruhan. mengenai kesiapan siswa dalam menghadapi UN berbasis komputer, kata Kusdinar kelihatannya para siswa siap karena sudah dilatih melalui kegiatan try out (uji coba) satu bulan sebelumnya.

Adapun jumlah total peserta UN tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 15.708 orang yang terdiri dari 5277 siswa SMA, 8323 siswa SMK, 1248 Madrasah Aliyah (MA) dan 860 orang Kelompok Belajar (Kejar) Paket C.

Harap Tenang sedang UN di SMAN 1 Subang
Harap Tenang sedang UN di SMAN 1 Subang

Kegiatan UN akan berlangsung selama 3 hari. Apabila ada siswa yang berhalangan hadir, maka diikutsertakan dalam UN susulan yang akan berlangsung 20, 21 da 22 April 2015. Mata pelajaran yang diujikan ialah: SMA dan MA untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kimia, matematika, Biologi, Bahasa Inggris dan Fisika.

Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosilogi, bahasa Inggris dan Ekonomi. Untuk jurusan Bahasa dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, sastra Indonesia, matematika, Antropologi, bahasa Inggris dan bahasa Asing.

Untuk Sekolah Menengah Kejuruan dengan mata pelajaran: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

MA Program Keagamaan dengan mata pelajaran: Bahasa Indonesia, Hadits, Matematika, Fikih, Bahasa Inggris dan Tafsir.

Sekolah Menengah Agama Katolik dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kitab Suci, Matematika, Doktrin Gereja Katolik dan Moral Kristiani, Bahasa Inggris dan Liturgi.

Sekolah Menengah Teologi Kristen dengan mata pelajaran: bahasa Indonesia, Alkitab, Matelamtika, Etika Kristen, Bahasa Inggris dan Sejarah Gereja. (Teddy Widara)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.