Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Wakil Panglima TNI Bukan Dari AD

Wakil Panglima TNI Bukan Dari AD

‎Jakarta, Obsessionnews – DPR telah menyetujui Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Moledoko. Keputusan ini diambil dalam sidang paripurna Jumat (3/7/2015).

Gatot pun pun belum bisa menyebutkan siapa jenderal yang akan mendampingi dirinya sebagai wakil panglima TNI. Yang pasti kata dia, wakilnya tidak diambil dari matra Angkatan Darat (AD). Hal ini untuk menjunjung azaz keadilan di institusi TNI.

“Panglima Moledoko sudah mengajukan Kepala staf kepresidenan agar ada wakil panglima tapi belum diputuskan. Yang pasti bukan dari Darat,” ujar Gatot, di DPR, Jumat.

Adanya wakil panglima adalah tradisi baru yang akan berlaku di TNI. Pihak Mabes sendiri masih menunggu keputusan Presiden soal reorganisasi TNI. Salah satunya adalah mengatur wakil panglima. Wakil panglima dibutuhkan untuk memberikan komando pada saat panglima tidak berada di tempat atau berhalangan hadir.

“Masih seandainya. Menunggu aturanya keluar dulu,” jelasnya.

Lulusan akademi militer 1982 ini, sebelumnya telah ditunjuk sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh Komisi I DPR, semua fraksi sepakat untuk menyetujui Gatot sebagai Panglima TNI.

Namun sebelumnya, penunjukan Gatot sebagai panglima TNI sempat menuai pro dan kontra di masyarakat. Pasalnya, Jokowi dinilai telah merubah tradisi Presiden sebelumnya sejak dari jaman Abdurrahman Wahid sampai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dimana panglima TNI harus‎ dijabat secara bergantian secara matra. Moledoko dan Gatot sama-sama dari AD. ‎(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.