Selasa, 6 Desember 22

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Serahkan 100 Sertifikat Tanah di Kabupaten Bekasi

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Serahkan 100 Sertifikat Tanah di Kabupaten Bekasi
* Wakil Ketua Komisi II DPR RI bersama Kementerian ATR/BPN serahkan sertifikat tanah di Kabupaten Bekasi. (Foto: Humas Kementerian ATR/BPN)

Kab. Bekasi, Obsessionnews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus menggencarkan program Strategis Nasional yang diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo dengan melaksanakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dalam hal ini, Komisi II DPR RI selaku mitra kerja Kementerian ATR/BPN, mendukung penuh kegiatan PTSL ini sebagai langkah awal untuk memberikan jaminan hukum pertanahan terhadap masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustofa, dalam kegiatan Penyerahan 100 Sertifikat Tanah kepada masyarakat Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan di Hotel Primebiz, Bekasi, Kamis (09/12/2021). “Kami di DPR, selalu mendukung terkait dengan program dan kebijakan dari Kementerian ATR/BPN, termasuk Program-Program Strategis Nasional. Dalam hal ini ialah PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap,” ungkapnya.

Dukungan yang diberikan Komisi II DPR RI terhadap Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN, merupakan bentuk dari komitmen pemerintah untuk memberikan jaminan hukum dan jaminan hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Hal ini tak lepas dari target yang sudah ditetapkan pemerintah mengenai jumlah tanah terdaftar di seluruh Indonesia.

“Sampai tahun 2025, pemerintah menargetkan ada 126 juta bidang tanah terdaftar dan sampai hari ini, kurang lebih hampir 86 juta bidang tanah yang sudah terdaftar. Ini pun dilaksanakan oleh Kementerian ATR/BPN yang memang itu salah satu tugas pokoknya, sedangkan DPR mendukung secara penuh termasuk dalam hal penganggaran. Sekali lagi, ini semua sebagai bentuk keberpihakan pemerintah terhadap rakyatnya, bagaimana rakyat bisa menguasai hak atas tanah miliknya,” imbuh Saan Mustofa.

Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Kelembagaan, Teuku Taufiqulhadi, menjelaskan bahwa dari tahun 2017, capaian penyerahan sertifikat tanah rakyat terus mengalami peningkatan. Hanya saja pada tahun 2020 lalu, mengalami penurunan yang signifikan karena adanya pandemi Covid-19. “Sampai saat ini, Kementerian ATR/BPN mampu menyertifikatkan tanah sebanyak 5,4 juta bidang di tahun 2017, lalu 9,3 juta bidang pada tahun 2018, dan 11,2 juta pada tahun 2019. Namun, pada tahun berikutnya terjadi pandemi sehingga program PTSL ini mengalami penurunan,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Dalu Agung Darmawan, melaporkan bahwa dalam kegiatan Penyerahan 100 Sertifikat Tanah kali ini, diwakili oleh masyarakat dari 3 kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

“Dari ketiga kabupaten ini, telah hadir 40 orang dari Kabupaten Bekasi, 30 orang dari Kabupaten Karawang, dan 30 orang dari Kabupaten Purwakarta,” pungkasnya.

Dari ketiga kabupaten tersebut, target capaian pendaftaran tanah yang ditetapkan oleh Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat sejumlah 230.000 bidang tanah. Hingga saat ini, sudah 75% dari target tersebut yang telah diselesaikan oleh Kementerian ATR/BPN, khususnya untuk tiga wilayah tersebut. Dalam kesempatan ini, Dalu Agung Darmawan juga menyampaikan target keseluruhan yang ditetapkan oleh Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat.

“Dari tiga kabupaten ini, yaitu Karawang, Bekasi, dan Purwakarta, target yang harus kami capai ialah 230.000 sertipikat. Kita sudah mendapatkan dan menerbitkan sertifikat kurang lebih 175.000, jadi kurang lebih sudah 75%. Kita berharap dari ketiga wilayah ini, bisa seoptimal mungkin karena kehadiran PTSL betul-betul diperuntukan bagi masyarakat. Secara keseluruhan, di Jawa Barat ada 1.456.000 sertifikat yang harus kami terbitkan. Saat ini sudah 956.000 sertifikat, mudah-mudahan akhir tahun kami dapat mencapai target kurang lebih 1.200.000 sertifikat yang akan kami terbitkan,” pungkas Dalu Agung Darmawan.

Pada kesempatan ini, sebanyak 100 Sertifikat Tanah diberikan kepada 12 perwakilan masyarakat dengan 4 orang dari tiap Kabupaten. Sertifikat diserahkan secara langsung oleh Anggota Komisi II DPR RI, Saan Mustofa, didampingi Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Dalu Agung Darmawan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, Hiskia Simarmata; serta jajaran Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.