Jumat, 22 Oktober 21

Wakapolri: Presiden Belum ‘Ijinkan’ Surat Penetapan BW Tersangka

Wakapolri: Presiden Belum ‘Ijinkan’ Surat Penetapan BW Tersangka

Jakarta – Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol Badrodin Haiti mengatakan saat ini, belum ada permintaan khusus dari Istana Kepresidenan terkait surat penetapan tersangka Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW). Dia mengaku, telah memberikan keterangan penetapan tersangka kepada Presiden Joko Widodo secara lisan.

“Khusus surat penetapan BW sebagai tersangka, tidak diminta. Tetapi, kemarin Polri telah melaporkan ke Presiden tentang kasus yang menimpa BW, termasuk uraian kasus dan langkah-langkah yang diambil oleh penyidik,” ujar Badrodin saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie meyatakan tidak akan mengirimkan surat penetapan tersangka, tanpa ada permintaan khusus dari pihak Istana.”Belum ada permintaan dari pihak Istana, belum ada yang harus kami tanggapi,” ujar Ronny, saat dihubungi.

Dikatakan Ronny, Polri tidak akan berinisiatif, apalagi jika hal tersebut menyangkut jabatan Bambang Widjojanto di KPK. Ia menegaskan, dalam hal ini Polri tidak ingin terlibat dalam keputusan yang dikeluarkan Presiden terkait jabatan Bambang.

“Kami tidak akan mencampuri urusan itu. Kami tidak ingin Polri dinilai pilih-pilih kasus,” katanya.

Dia juga mengatakan, Polri tidak akan berinisiatif mengirimkan surat kepada Presiden, apalagi jika hal tersebut menyangkut jabatan Bambang Widjojanto di KPK. Ia menegaskan, dalam hal ini Polri tidak ingin terlibat dalam keputusan yang dikeluarkan Presiden terkait jabatan Bambang.

Perlu diketahui, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Presiden Joko Widodo akan menunggu surat penetapan tersangka Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto, oleh Polri, sebelum mempertimbangkan untuk menerbitkan keputusan presiden (keppres) tentang pemberhentian Bambang sebagai pimpinan KPK.

Terkait surat tersebut, Andi mengatakan bahwa pihaknya akan proaktif dengan langsung meminta kepada Kepolisian. Surat penetapan tersangka Bambang dari Kepolisian tersebut akan menjadi bahan dalam menyusun dasar pertimbangan keppres. (Pur)

Related posts