Minggu, 19 September 21

Wah, KPK Minta Ada SP3

Wah, KPK Minta Ada SP3

‎Jakarta, Obsessionnews – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki tiba-tiba mengusulkan agar KPK bisa mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Nantinya, aturan itu bisa dimasukan dalam revisi Undang-Undang KPK di DPR RI.

‎Menurut Ruki, selama ini KPK memang tidak mengenal adanya SP3. Artinya ketika seorang sudah ditetapkan sebagai tersangka maka proses hukumnya tidak bisa dihentikan sampai ke pengadilan. Hal ini kata Ruki, karena dalam UU KPK tidak atur mengenai SP3.

“Jadi kalau demi‎ hukum harus dihentikan, ya dihentikan tapi harus ada izin penasehat KPK sesuai dengan prosedur khusus,” ujar Ruki, Rabu (17/6/2015).

Ruki menjelaskan, SP3 dirasa perlu ada di KPK. Namun, dengan aturan yang khusus, misalnya kata Ruki bila tersangka itu meninggal dalam proses penyelidikan atau penuntutan maka lebih baik kasusnya dihentikan.

Ini menyusul meninggalnya tersangka sekaligus saksi kunci pemberian dana talanagan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun Siti Fajriah. ‎Namun, demikian, KPK menegaskan, kasus Bank Century tetap jalan terus dengan mengembangkan hasil putusan Budi Mulya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.