Selasa, 28 Juni 22

Wagub Sumbar Tinjau Lokasi Banjir

Wagub Sumbar Tinjau Lokasi Banjir

Padang, Obsessionnews – Adam, warga Kayu Aro Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) merupakah satu warga terdampak banjir yang terjadi pada Selasa (11/8). Rumah milik laki-laki paruh baya itu terancam runtuh akibat longsoran tanah, saat hujan terjadi.

Meski ancaman longsor sewaktu-waktu terjadi dan merusak rumahnya, pasca banjir dan longsor yang terjadi pada Selasa, ia bersama keluarganya masih tetap bertahan di rumah.

“Masih tetap bertahan disini,” kata Adem menjawab pertanyaan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim ketika meninjau rumahnya yang terancam roboh akibat material longsor, Rabu (12/8).

Muslim Kasim meninjau lokasi bencana banjir yang terjadi di Bungus Kecamatan Bungus Teluk Kabung pada Selasa (11/8) sore. Muslim Kasim ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi dampak akibat banjir yang sempat merendam 1500 unit rumah warga setempat.

Berdasar tinjauan ke lapangan, kondis terparah akibat banjir, menyebabkan satu unit jembatan putus dan rusak parah dan rumah Adam nyaris ditimbun longsor.

wagub sumbar banjir-

Muslim Kasim menyarakan kepada pemilik rumah Adam supaya tidak bertahan dalam rumah pada saat hujan turun dalam waktu yang lama dan intensitas yang tinggi.

“Kita sarankan kepada pemilik rumah supaya mengungsi ke rumah warga lain pada saat hujan, untuk menghindari ancaman longsor,” kata Muslim Kasim.

Muslim Kasim meminta kepada Pemerintah Kota Padang segera menurunkan alat berat untuk memindahkan material lumpur yang mengenai rumah Adam. Upaya itu dilakukan sebagai antisipasi apabila hujan susulan terjadi dengan intensitas yang tinggi bisa mengurangi ancaman yang menyebabkan rumah rusak.

Pemerintah Kota Padang juga segera menormalisasi sungai yang berada di perkampungan warga, agar aliran lancar dan tidak terjadi luapan air sungai pada saat hujan turun.

Adam adalah kepala keluarga dari 11 anak dan seorang isterinya di Tanah Sirah, Kelurahan Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Adem bersama 11 anaknya tinggal di rumah yang kondisinya terancam roboh akibat material longsoran. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.