Jumat, 17 September 21

Wagub Sumbar Setuju Mobnas Dibawa Mudik Pegawai Rendah

Wagub Sumbar Setuju Mobnas Dibawa Mudik Pegawai Rendah

Padang, Obsessionnews – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Muslim Kasim mendukung langkah yang diambil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Yuddy Chrisnandi yang membolehkan penggunaan mobil dinas untuk kegiatan mudik karena dinilai sangat membantu pegawai golongan rendah untuk memperoleh akses transportasi selama mudik lebaran.

“Saya secara pribadi sependapat dengan kebijakan itu. Tradisi mudik kan hanya sekali dalam satu tahun yaitu pada saat lebaran. Dengan kondisi tersebut wajar jika pegawai menggunakan mobil plat merah, karena kebutuhan dan alasan penggunaannya jelas. Itu bukan kejahatan kok,” kata Muslim Kasim usai melakukan Safari Ramadahan di Masjid Istighfar di Koto Malintang, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Jum’at (26/6/).

Alasan Muslim Kasim memperbolehkan mobil dinas dipergunakan mudik lebaran bukan untuk dipergunakan sekehendak hati, tapi harus dapat dipertanggungjawabkan. Pertanggungjawabannya harus jelas dengan syarat administrasi yang jelas dan terpenuhi, seperti izin tertulis. Is pemakai juga harus bertanggung jawab sepenuhnya atas kondisi kendaraan yang digunakannya.

Diketahui, kebijakan Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi yang tidak melarang pegawai membawa mobil dinas untuk mudik lebaran, tidak sejalan dengan sejumlah kebijakan pemerintah provinsi, antara lain, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat.

Kebijakan MenPAN RB mengeluarkan kebijakan itu hanya tertentu bagi pegawai golongan eselon 3 ke bawah yang gajinya pas-pasan dan telah berkeluarga, bukan untuk pejabat yang telah memiliki mobil pribadi. Pegawai yang hendak memakainya diharuskan terlebih dahulu mengajukan dan mendapatkan izin tertulis dari atasannya, serta bersedia menjamin perawatan selama dipakai berikut untuk menangggung Bahan Bakar Minyak (BBM) nya. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.