Rabu, 29 Juni 22

Wagub Sumbar: Anggaran Pendidikan 20% Tak Bisa Ditawar

Wagub Sumbar: Anggaran Pendidikan 20% Tak Bisa Ditawar

Padang, Obsessionnews – Bupati/Walikota di Sumatera Barat (Sumbar) harus menganggarkan 20 persen untuk alokasi pendidikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masing-masing. Ketentuan itu sesuai amanah UU yang tidak bisa ditawar.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit mengintruksikan kepada bupati/walikota agar mematuhi aturan dimaksud. Kemajuan pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan butuh dorongan dari berbagai pihak. Akan tetapi, pemerintah memiliki peran besar yakni menyediakan dana untuk operasional dan kebutuhan lainnya di sekolah.

“Pengalokasian dana dimaksud telah diatur dalam Undang-Undang, yakni minimal 20 persen dari anggaran daerah. Kalau memang pro pendidikan Bupati/Walikota harus menjalankan amanah tiu. Kita juga akan evaluasi APBD mereka kalau belum melaksanakannya,” kata Nasrul Abit usai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Senin (2/05).

Nasrul Abit menjelaskan, agar kualitas dan mutu pendidikan di Sumbar meningkat, setiap tahun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mendorong adanya kompetisi secara sehat antar Kabupaten/Kota dan sekolah masing-masing. Salahsatu indikator yang dijadikan jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi.

“Pemberian penghargaan ini merupakan dorongan dan motivasi Pemprov terhadap sekolah di daerah. Untuk ke depan, karena kewenangan pengelolaan SMA/SMK berada di Provinsi, penghargaan tidak ada lagi. Akan tetapi tetap ada komitmen dari Pemprov untuk meningkatkan kualitas lulusan SMA sehingga jumlah yang diterima di perguruan tinggi meningkat,” ujar.

Kompetisi tingkat sekolah yang dlaksanakan tahun 2015, diserahkan bersamaan pada peringatan Hari Pendidikan pagi tadi. Penghargaan kabupaten pengelola pendidikan terbaik di Sumbar diberikan pada Kabupaten Tanah Datar, disusul Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Limapuluh Kota berada di urutan 3.

Sedangkan untuk kota pengelola pendidikan terbaik yakni Kota Payakumbuh, disusul Padang Panjang, dan Bukittinggi di posisi 3. Sementara, untuk satuan pendidikan terbaik tahun 2015 diperoleh SMAN 1 Padang, disusul SMAN 1 Batusangkar, selanjutnya SMAN 1 Bukittingi, SMAN 1 Sumatra Barat, dan SMAN 1 Agama Cendikia di posisi 5. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.