Minggu, 28 November 21

Wagub DKI Berantas Praktik Monopoli Kios di Pasar

Wagub DKI Berantas Praktik Monopoli Kios di Pasar

Jakarta, Obsessionnews – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidajat berencana akan merevisi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2002 tentang Perpasaran Swasta. Hal ini guna mencegah banyaknya praktik monopoli kios di pasar tradisional.

Djarot menjelaskan, dalam Perda saat ini diatur setiap orang diperbolehkan memiliki maksimal lima kios. Aturan tersebut rentan dengan pratik jual beli kios. Sehingga akan diajukan revisi Perda, agar kepemilikan kios maksimal satu orang satu unit.

“Jadi setelah direvisi, nantinya seseorang akan dibatasi kepemilikan kiosnya di pasar tradisional. Kita utamakan adalah pedagang riil, pedagang asli yang berjualan bukan pedagang kios. Karena banyak orang itu tidak berjualan, tapi jual beli kios,” kata Djarot, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (28/4).

Dirinya akan mengajukan revisi Perda kepada DPRD DKI Jakarta. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada pedagang kecil untuk memiliki kios. Pengawasan kios akan menggunakan sistem elektronik.

“Jadi setiap pedagang akan diberikan kartu, jika terbukti tidak aktif maka kepemilikan kios akan diambil alih kembali,” ujarnya. (Herdianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.