Kamis, 24 Juni 21

Wabup Kebumen Apresiasi Penanaman 1.000 Pohon oleh Komunitas Innova

Wabup Kebumen Apresiasi Penanaman 1.000 Pohon oleh Komunitas Innova
* Gerakan tanam pohon dari Innova Community yang dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih. (Foto: Haiz, Humas Pemkab Kebumen)

Kebumen, Obsessionnews.com – Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menyambut baik gerakan nanam pohon yang diiniasi oleh komunitas pencinta mobil innova, atau Innova Community Inyong Chapter Area Kebumen. Gerakan ini dinilai sebagai bentuk kepedulian para pecinta Innova terhadap lingkungan sekitar.

Diketahui dalam rangka mendukung program 100 hari bupati dan wakil bupati Kebumen, yakni “Nandur Wit Nggo Anak Putu” Innova Community Inyong Chapter melakukan gerakan penanaman 1.000 pohon di Kecamatan Alian, tepatnya di Desa Tanuharjo, Sabtu (17/4/2021).

Rista yang hadir dalam acara penanaman pohon itu menyatakan, bahwa dalam 100 hari kerja bupati dan wakil bupati, program penanaman pohon berupa “Nandur Wit Nggo Anak Putu” menjadi salah satu prioritas. Gerakan penanaman pohon ini pun akan terus digalakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingya menjaga lingkungan agar tetap lestari.



“Kita tahu pohon itu banyak sekali manfaatnya, pohon adalah salah satu sumber kehidupan penghasil oksigen terbaik. Bukan hanya itu, pohon juga sebagai sumber air, sumber hidupnya para habitat alam yang lain. Banyak sekali manfaat pohon yang bisa kita wariskan untuk anak cucu kita,” jelasnya.

Rista menghimbau kepada para camat dan kepala desa untuk terus mengkampanyekan gerakan penanaman pohon, pemerintah juga punya program untuk memerintahkan kepada pasangan pengantin baru untuk menanam dua pohon, sebagai bentuk komitemennya menjaga lingkungan.

“Karena dari situ, nanti anak cucu kita yang akan mewarisi dari kelestarian lingkungan yang kita tanam. Maka kita mengimbau kepada pasangan pengantin yang mau menikah wajib menanam dua pohon yang ditanam di pekarangan rumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu Camat Alian Sugito mengatakan, kegiatan ini memang ditunjukan untuk mendukung program 100 hari kerja bupati/wakil bupati. Menurutnya gerakan tanam pohon yang dilakukan oleh Innova Community Inyong Chapter ini sebenarnya adalah untuk pemicu atau merangsang agar masyarakat juga punya kesadaran untuk ikut melakukan tanam pohon.

“Penanaman pohon dari Innova Community ini sebagai pemicu saja. Agar seluruh masyarakat bisa secara rutin menanam pohon di area pekarangannya, untuk kelestarian lingkungan kita,” ucapnya.



Pihaknya menyatakan akan istiqomah untuk terus mendukung program pemerintah kabupaten. Sebelumnya, Kecamatan Alian juga sudah menginisiasi gerakan Desa Melek Internet atau Desmili, kemudian program peletarian lingkungan Kembang Kenari. Termasuk hari ini adalah penanaman pohon dari innova community.

“Ke depan saya harapkan, bagi masing-masing kepala desa, ada yang namanya PKT Ekonomi. Jadi pemerintah desa bisa menganggarkan dari Dana Desa untuk membeli bibit, dan bibit itu nanti dibagikan kepada masyarakat. Itu sangat dibolehkan,” terangnya.

Saiful Anwar Anggota Innova Community Chapter menambahkan, bahwa pihaknya akan terus melakukan aksi sosial di masyarakat, bukam hanya penanaman pohon, tapi juga juga pembagian sembako dan buka puasa bersama bersama anak yatim piatu di bulan suci Ramadhan ini.

Diketahui jenis bibit yang ditanam dalam program Nadur Wit Enggo Anak Putu ini adalah pohon durian, pohon albasia, dan pohon mangga. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.