Selasa, 25 Januari 22

Viva Westi Garap Film Makna ‘Gerilya Soedirman’ Ternama di Dunia

Viva Westi Garap Film Makna ‘Gerilya Soedirman’ Ternama di Dunia

Jakarta, Obsessionnews – Film berkualitas, layak ditonton ‘Jenderal Soedirman’ akan tayang di bioskop pada 27 Agustus 2015, mengangkat tentang makna gerilya yang dilakukan Jenderal Soedirman dalam masa perang Agresi II Desember 1948. Keberhasilan sang Jenderal Soedirman menghadapi Belanda, sehingga negara kincir angin tersebut mau mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Gerilya Soedirman itu sangat terkenal di dunia, dan metodenya ternyata dipakai Vietnam untuk bergerilya ketika melawan Amerika,” ucap Sutradara wanita ternama Viva Westi saat Obsessionnews menyambangi kantornya belum lama ini.

Viva mengungkapkan, film Jenderal Soedirman yang akan dirilis tersebut tak mengisahkan secara detail perjalanan hidup sang Jenderal sejak lahir hingga meninggal.

“Saya membuat film ini tidak mengisahkan jalan hidupnya (Soedirman) sejak lahir hingga meninggal, saya hanya mengangkat masa perang Agresi II yaitu pada Desember 1948. Karena Belanda saat itu belum mengakui kedaulatan Indonesia. Soedirman bergerak secara gerilya dan lewat gerakannya itulah kita Indonesia menjadi berdaulat dan diakui dunia,” ucap Viva yang pernah menyutradarai film ‘Rayya, Cahaya Diatas Cahaya’.

film sudirman-

Ia beralasan, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui gerilya seperti apa yang dilakukan Soedirman pada masa melawan penjajahan itu.

“Tidak banyak orang yang tahu tentang gerilya itu seperti apa. Saya juga tahu gerilya setelah riset mendalam,” tutur wanita yang hobbi menyelam melihat keindahan laut ini.

Viva baru menyadari, film Jenderal Soedirman shooting selama 45 hari di lima daerah Yogyakarta, Bandung, dan yang dirisetnya hingga satu tahun ini ternyata penting sekali dalam sejarah Indonesia.

“Saya juga baru tahu betapa pentingnya peran Jenderal Soedirman dalam sejarah Indonesia,” terang Viva dengan mimik serius.

Film persembahan 70 tahun Indonesia ini, diproduksi oleh Padma Picture bekerjasama dengan Mabes Tentara Nasional Angkatan Darat (Mabes TNI AD), Yayasan Eka Paksi, PPAD,Letjen (Purn) Kiki Syahnakri.

Sementara pemeran sebagai Jenderal Soedirman dimainkan oleh aktor Adipate Dolken. Sederet aktor kondang yang turut berperan dalam film ini, diantaranya, Aktor Mathias Muchus, Ibnu Jamil, Baim Wong. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.