Minggu, 31 Mei 20

Vitamin D Cegah Diabetes dan Sakit Jantung

Vitamin D Cegah Diabetes dan Sakit Jantung
* Jantung sakit - ilustrasi

Siapa yang tak ingin memiliki tubuh sehat dan jauh dari berbagai risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung? Dipastikan semua orang ingin tubuh sehat. Memiliki pola hidup sehat, istirahat cukup dan olahraga cukup adalah cara termudah dapatkan tubuh sehat tanpa risiko penyakit. Tapi, selain cara tersebut, kita pun sangat penting mencukupi kebutuhan berbagai vitamin untuk tubuh agar semakin sehat.

Ketika kita ingin memiliki tubuh sehat bebas dari diabetes dan jantung, para ilmuwan menyarankan agar kita selalu mencukupi kebutuhan vitamin D. Dikutip dari laman boldsky,com, berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa bantu memenuhi kebutuhan vitamin D dengan baik. Ilmuwan mengungkapkan nutrisi ini tak hanya mencegah risiko diabetes dan jantung tetapi juga mengobatinya.

Selama ini, diabetes maupun jantung merupakan dua penyakit paling mematikan di dunia. Gejalanya tidak bisa diprediksi dengan mudah. Dr Stephen Pandol dari Cedras-Sinai Medical Center, US mengungkapkan “Diabetes dan jantung adalah penyakit paling mematikan. Hampir semua penderitanya meninggal dunia. Mereka yang memiliki riwayat penyakit ini sangat mungkin menurunkan risikonya pada anak cucunya. Ini sangat berbahaya dan harus dicegah dengan pencegahan terbaik.”

“Berjemur dan menatap sinar matahari pagi antara jam 6-7 merupakan cara terbaik mencegah diabetes dan jantung. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D. Penelitian kami menemukan jika tubuh yang tercukupi vitamin Dnya, mengalami penurunan risiko diabetes dan jantung sebanyak 30-60 persen. Penelitian yang dilakukan pada tikus ditemukan bahwa tikus dengan vitamin D cukup lebih sehat dan bugar. Tikus tersebut sangat kecil berisiko menderita diabetes dan jantung dibanding tikus lainnya.” Tambah Stephen.

Tak hanya mencegah risiko diabetes dan jantung, berat badan perlahan juga bisa turun ketika kita mau mencukupi kebutuhan vitamin D dengan baik. Dr Stephen mengatakan, “Diet akan berhasil dengan mencukupi kebutuhan vitamin D. Sistem metabolisme tubuh pun semakin meningkat dengan adanya vitamin D cukup.”

Itulah manfaat vitamin D buat tubuh. Well, mulai sekarang mari bersama-sama rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi dan lakukan olahraga cukup, terapkan pola hidup sehat serta miliki istirahat cukup.

Jalan Kaki Bisa Cegah Diabetes

Semua orang pasti tahu bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditakuti. Kenapa ia begitu ditakuti? Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan juga merupakan salah satu penyakit yang akan bisa menjangkit seseorang karena adanya faktor genetik. Bahkan, diabetes memiliki risiko dua kali lipat lebih berbahaya dari sebelumnya buat mereka yang memiliki riwayat keluarga pengidap diabetes.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, penderita diabetes perlu melakukan berbagai pengobatan yang tepat agar diabetes yang diderita bisa sembuh. Penderita diabetes juga harus menjaga pola hidup paling sehat serta tepat agar diabetes yang diderita tidak kambuh atau semakin parah. Jika dibandingkan dengan mengobati atau menyembuhkan, para dokter menyarankan agar semua orang mau mencegah datangnya risiko diabetes.

Dalam mencegah risiko diabetes ini, sebenarnya sangat mudah dan murah. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa mencegah risiko diabetes bisa dilakukan dengan melakukan jalan kaki. Yap, jalan kaki secara rutin setiap hari dipercaya bisa mencegah risiko diabetes tipe A maupun tipe B. Dibandingkan dengan olahraga seperti gym atau fitnes, jalan kaki justru lebih baik dan tepat dalam mencegah risiko diabetes.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia menyebutkan bahwa jalan kaki secara rutin akan membuat kondisi fisik dan psikis seseorang selalu dalam kondisi baik. Penelitian yang dilakukan pada 150 orang penderita diabetes, ditemukan bahwa mereka yang rutin melakukan olahraga jalan kaki baik di pagi atau sore hari, mereka lebih sehat dan mengalami penurunan gula darah yang signifikan. Sementara mereka yang sama sekali tidak mau melakukan olahraga jalan kaki atau olahraga lainnya, mereka cenderung mengalami peningkatan glukosa dalam darah dan kesehatannya pun semakin menurun.

Dr William Kraus, MD, dari Divisi Kardiologi di Duke University School of Medicine mengatakan,

“Jalan kaki yang dilakukan secara rutin bisa mencegah risiko diabetes sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh. Sebenarnya, jalan kaki bukan langkah utama dalam mencegah risiko diabetes. Ketika kita ingin terhindar dari risiko diabetes, sangat disarankan bagi kita semua untuk menerapkan pola hidup sehat. Sangat disarankan agar kita mau memperhatikan lagi nutrisi dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh setiap hari.”

Dr William juga mengungkapkan bahwa makanan sehat seperti sayur dan buah, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, minyak zaitun dan umbi-umbian adalah beberapa jenis makanan rendah lemak dan rendah zat kimia penyebab berbagai penyakit dalam tubuh termasuk diabetes. Well Ladies, jika kamu juga keluarga dan orang-orang tercinta terbebas dari risiko diabetes, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat dan jangan lupa buat olahraga. Salah satu olahraga paling sederhana, mudah dan murah yang bisa dilakukan adalah jalan kaki. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa hidup semakin sehat serta mengesankan. (*/fimela)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.